143 Santri Dari Pesantren Se-Sumsel Ikuti Tes Online Santri Berprestasi

0 55

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Hari ini, Selasa(18/6)  Sebanyak 143 santri dari Pondok Pesantren Se Sumatera Selatan mengikuti test seleksi Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)  ke Perguruan Tinggi. Kegiatan tes ini dilaksanakan  di MAN 3 dan MTSN 2 Palembang,

Kepala Bidang PAKIS M. Ali mengatakan, Para santri dari pondok pesantren se-Sumsel tersebut  akan mengikuti test secara online dengan durasi waktu dari pukul 08.00 sd 12.00 Wib yang terbagi atas 2 lokasi ujian yaitu di MAN 3 Palembang dan MTsN 2 Palembang.

“Untuk di MAN 3 Palembang, jumlah santri yang mengikuti tes sebanyak 50 santri dan di MTSN 2 Palembang sebanyak 93 santri dan total santri yang ikut 143.

“Ya hari ini kita mulai seleksi beasiswa santri berprestasi secara online sebanyak 143 santri,”ujar Ali yang juga saat ini menjabat sebagai PLT Bidang PHU

Mereka terang Ali akan di test tentang Potensi Akademik, Bahasa dan Kepesantrenan,  serta Kemampuan Bidang Studi. Khusus peminatan ke UIN Malang Santri mengikuti test tahfizul Qur’an dengan syarat minimal hafal 10 Juz. Test ini dilakukan setelah peserta mengikuti test online PBSB, yang mengikuti test khusus tahfizh sebanyak 12 orang dan untuk peminatan ke Ma’had Aly test akan dilaksanakan di MTsN 2 Palembang pada tanggal 19 Juni mendatang.

“Untuk pengawasan peserta test, Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Sumsel telah menyiapkan sebanyak 12 orang yang terbagi 6 pengawas di MTsN 2  dan 6 di MAN 3 Model Palembang,”terang Ali.

Ali berharap para peserta dapat menjawab soal-soal dan bisa menyelesaikannya hingga batas waktu yang telah ditentukan

Untuk diketahui, perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Program Beasiswa Santri Berprestasi yakni UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Jati, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim, UIN Alauddin Makasar, Institute Pertanian Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gajah Mada, Intitute Teknologi 10 November, Universitas Airlangga, Universitas Cendrawasih, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Dipenogoro, Ma’had Aly PP Salfiyah Syafiiyah Situbondo, Ma’had Aly Kebon Jambu PP Babakan Ciwaringin, Ma’had Aly Hasyim Asy’ ary PP Tebuireng, dan Ma’had Aly As’adiyah Sengkang.(hsb)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera