30 Ojeger Ikuti Sosialisasi Upaya Berhenti Merokok

0 23

TANJUNG ENIM – Sebanyak 30 Para Ojeger yang mangkal diseputar Puskesmas Tanjung Enim Kecamatan  Lawang Kidul kabupaten Muara Enim mengikuti edukasi Upaya Berhenti Merokok UBM  sekaligus sosialisasi BPJS Kesehatan.

Kegiatan ini merupakan upaya yang dimotori oleh Puskesmas Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul dalam memberikan perhatian yang serius terhadap penyakit tidak menular .PTM diantaranya  dampak bahaya merokok bagi perokok itu sendiri dan sekaligus lingkungan di sekitarnya. pelaksanaan acara dipusatkan di ruang Puskesmas Lawang Kidul (24/2/17)

Kepala Puskesmas Tanjung Enim dr Hj Siti Maisaroh Menyebutkan sebagai tindak lanjut pemerintah di bidang kesehatan bahwa Mencegah lebih baik daripada mengobati. terkait upaya ini mulanya kita menghimpun para Ojeger yang ada diseputar Puskesmas, untuk diberikan edukasi kesehatan tentang penyakit tak menular terutama bahaya asap rokok.

Disambungnya pula  setelah terhimpun para ojeger ini, kita lakukan pemeriksaan kesehatan di Pos pembinaan terpadu posbindu  yang secara resmi terbentuk pada 22 desember 2016 lalu.  dan untuk menyambung apa yang kita sosialisasi kepada mereka, maka para ojeger ini.kita jadikan kader dimana   mereka cukup menyampaikan pesan kesehatan tentang bahaya rokok kepada dua rekannya yang lain dan secara rutin setiap tanggal 22 bulan berjalan melakukan pemeriksaan vital sign dan pemeriksaan pisik  kesehatan secara gratis.imbuhnya.

Dalam mengurangi penyakit tidak menular (PTM), upaya yang dilakukan adalah dengan perilaku cerdik , singkatan cerdik yaitu  cek kesehatan secara teratur, enyahkan asap rokok, rajin aktifitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang , istirahat yang cukup, dan kendalikan stress.pungkasnya.(jazz/penasumatera)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.