Ajak Dokter Cermat Penggunaan dan Pemberian Antibiotik

Ajak Dokter Cermat Penggunaan dan Pemberian Antibiotik

0 26

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – RS Siloam Sriwijaya Palembang mengadakan Simposium Ilmiah Cermat Antibiotik, Cegah Resistensi  khusus bagi Dokter Spesialis dan Dokter Umum di ballroom THE  ALTS  HOTEL, Sabtu (16/11).

Seminar ini diadakan  dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan penggunaan antibiotik di fasilitas kesehatan dan rumah sakit serta adanya Minggu Kewaspadaan Antibiotik Dunia, yang jatuh pada tanggal 18 s.d 24 november 2019  maka   RS Siloam Sriwijaya Palembang berpartisipasi dalam mencegah resistensi antibiotik, dengan mengadakan simposium  ilmiah ini.

Adapun narasumber dalam simposium ini yaitu dr. H. Zulkifli, SpAn, KIC., M.Kes., MARS, dr. Ronald Irwanto Natadijaja, Sp. PD-KPTI, FINASIM, dr. Rofi Yuldi Saunar, Sp. B, KBD, dan Dr. dr. Yulia Iriani, Sp. A (K).

Dengan dipandu oleh moderator sekaligus ketua panitia simposium dr. Soegiarto Soerodjojo Sp,OT dokter  spesialis orthopedi fulltimer  RS Siloam Sriwijaya. Peserta dalam simposium ini mendapatkan sertifikat IDI 6 SKP. Dalam kegiatan ini RS Siloam Sriwijaya mengundang Kadinkes Kota, Kadinkes Prov, Ketua PERSI serta Direktur  Rumah Sakit Sesumatera Selatan.

Dengan diadakannya simposium ini diharapkan pelaksanaan tataguna antibiotik yang bijaksana di rumah sakit dan fasilitas kesehatan dapat menurunkan tingkat kasus  resistensi antibiotik di masyarakat, yang sesui dengan program nasional pemerintah dan WHO.

Ketua Panitia Simposium dr Soegiarto Soerodjojo Sp.OT menjelaskan, pada kesempatan ini disampaikan cara cermat penggunaan antibiotik. Salah satunya antibiotik itu tak boleh dijual bebas, harus diberikan sesuai dengan resep dokter dan harus hati hati dalam meminumnya.

“Karena itulah pada seminar ini kita mengajak para dokter untuk lebih rasional  dalam pemberian dosis, cara pemakaian, jenisnya dan lama pemberian harus dipaskan harinya. Karena pemberian antibiotik ini paling hanya 3- 4 hari saja tak perlu berlebihan,” tandasnya. (Ofie)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera