Akses Keluar Masuk Batavia Kecil Lebong Tandai, Akan Dibangun

0 39

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id – Menanggapai keluhan masyarakat di Desa Lebong Tandai Bengkulu Utara (BU). Bupati BU, Ir. Mian,  didampingi Dandim 0423 BU, Kapolres BU dan jajarannya, pada Minggu (19/1) melakukan konvoi dengan menggunakan kendaraan roda dua (trail, red), ke lokasi titik nol rencana dimulainya program Program Tentara Manunggal Masyarakat (TMMD) guna membuka akses jalan yang memang telah dinanti-nantikan masyarakat.

Seperti diketahui Lebong Tandai yang pada masa kolonial dahulu dikenal dengan Kota Terkaya penghasil emas, namun sejak diitinggalkan penjajah Desa Lebong Tandai sekarang menjadi terisolir.

Dimana hingga sekarang, seperti kita ketahui masyarakat Lebong Tandai untuk akses keluar masuk desa, hanya mengandalkan transportasi motor lori (Molek), yang merupakan kereta mini peninggalan dari zaman penjajahan.

Sebelumnya seperti diketahui, melalui perjuangan cukup panjang dan berulang kali menyambangi Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Alhasil, Bupati berhasil melakukan perjanjian (MoU) dengan PT. API untuk pembukaan badan jalan menuju Lebong Tandai.

Bupati dalam kesempatan ini menyampaikan alhamdulillah, hari ini kita melakukan peninjauan tanda akan dimulainya program TMMD yang Insya Allah akan berlangsung pada Maret 2020, seperti diketahui dimana desa ini dahulunya merupakan tempat bersejarah, karena emas yang ada di tugu monas asalnya berasal dari sini.

“Kemudian kedepan juga, untuk Molek kita harapkan dapat menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Lebong Tandai untuk melihat tempat sejarah (Kota Batavia Kecil, red), sehingga diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat Desa Lebong Tandai,” ujar Bupati.

Terpisah Letkol Inf Agung Pramudio Saksono, S.Sos.M.Si, Dand 0423 Bengkulu Utara, dalam kesempatan ini mengatakan bahwa TNI siap untuk mendukung penuh Pemerintah daerah terkhusus dalam bidang pembangunan yang kegiatan ini melibatkan personel dari jajaran TNI dan POLRI.

“Kami TNI angkatan darat siap melaksanakan perbantuan pemerintah daerah, apalagi yang berkaitan dengan membangun Bengkulu utara, mensejahterakan masyarakat. Kami Siap kapanpun dan dimanapun.” Tegasnya.

Dia berharap, program yang diangkat dalam TMMD kali ini bisa dijalankan dengan baik dan memiliki efek positif kepada pembangunan perekonomian masyarakat, tutupnya. (mc/Yapp)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera