Basarnas Siaga di Arena MXGP

0 26

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Keterlibatan Basarnas dalam pelaksanaan MXGP di Jakabaring, sudah tersusun matang. Sedikitnya 35 personil diturunkan, guna antisipasi terjadinya kecelakaan yang menimpa pembalap saat pertandingan berlangsung, Minggu (7/7).

“Agenda acara MXGP masuk pada bulan kemarin. Dengan perencanaan matang, kita siapkan segala sesuatunya. Mulai dari anggota yang diturunkan hingga saran dan prasarana yang dibutuhkan di lapangan,” papar Kepala Basarnas Sumsel, Berty DY Kowaas didampingi Staf Humas, Taufan saat diwawancarai media online ini.

Dikatakan Berty, perlengkpan yang disiapkan jika terjadi insiden dilapangan pertandingan, seperti satu unit mobil ATV, dua unit mobil Amphibius dan satu unit motor ATV pantai serta peralatan medis dan evakuasi sudah standby.

“Harapan kita sih acara ini berjalan lancar, tanpa ada kendala. Jika memang terjadi, tentu kita akan evakuasi dan penanganan pertama, medis lanjut, ya mungkin rumah sakit terdekat atau tenaga medis yang disiapkan pihak panitia,” tambahnya.

Setiap agenda perlombaan yang membawa nama Sumatera Selatan, Basarnas siap melaksanakan Siaga SAR khusus, guna mendukung pariwisata, sebagaimana amnat UU No 29 pasal 45, tentang penyedia jasa pariwisata dalam menyelenggarakan kegiatan dapat menimbulkan risiko bagi keselamatan manusia wajib menyediakan sumber daya manusia yang memiliki sertifikat kompetensi di bidang Pencarian dan Pertolongan dan Pasal 46, tentang (1) Penyedia jasa pariwisata yang tidak menyediakan sumber daya manusia yang memiliki sertifikat kompetensi di bidang Pencarian dan Pertolongan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45 dikenai sanksi administratif, (2) Pengenaan sanksi administratif sebagaimana  dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.(Silfy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera