Bawaslu Bengkulu Utara Gelar Sosialisasi Cara Pelaporan Pelanggaran dan Proses Penanganan

0 41

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Provinsi Bengkulu, menggelar kegiatan sosialisasi penyampaian dugaan pelanggaran dan proses penanganan pelanggaran Pilkada, pada Selasa (13/10/2020).

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Sawah Resto Kemumu Kecamatan Arma Jaya Bengkulu Utara (BU), hadir Ketua Bawaslu BU, Sekretaris, Komisioner, Kasat Reskrim Polres BU dan juga puluhan awak media mulai dari Media Online, Cetak, dan Televisi di Bengkulu Utara.

“Adapun kegiatan tersebut ditujukan untuk memberikan pemahaman tentang pengawasan, kemudian juga kegiatan yang dilangsungkan tersebut dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan, dimana setiap peserta diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dan melakukan pemeriksaan suhu badan”.

Ketua Bawaslu BU, disampaikan Komisioner Tugiran ketika memaparkan mekanisme syarat formal dan materi laporan, menuturkan hal ini digelar adapun untuk menyamakan persepsi terkait teknis dan penanganan laporan maupun temuan pelanggaran dilapangan.

Lanjutnya, baik KTP pelapor harus sama dengan foto dan domisili, serta menguraikan peristiwa secara runtut dan bukti harus pelapor kantongi, sampainya. Tentu hal ini agar Bawaslu dapat memastikan dugaan pelanggaran yang terjadi, begitu disampaikan Komisioner Bawaslu BU.

Disisi lain, hingga saat ini baliho petahana yang dipasang sebelum ditetapkan sebagai incumbent masih terpajang diberbagai sudut kota, serta sejumlah wilayah Kabupaten setempat. Kondisi ini tak selaras dengan pasal 71, tentang penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan pencalonan, tutupnya. (**)

Baca Juga
Penasumatera