BI Dorong Perbankan Ekspansi Kredit

0 43

PALEMBANG, Penasumatera.co.id –  Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengajak perbankan di Sumsel untuk lebih aktif berkontribusi mendorong perekonomian Sumsel melalui ekspansi kredit.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumsel, Yunita Resmi Sari menilai ada banyak peluang usaha di Sumsel yang bisa dibiayai kredit. “Peluang usaha di Sumsel ini masih sangat besar, karena pertumbuhan ekonomi di Sumsel termasuk yang tertinggi di Indonesia, lebih tinggi dari nasional ini menunjukkan kelompok usahanya bergerak aktif,”ungkap Yunita disela-sela Halal Bihalal bersama BPMD, Jumat (14/6) lalu.

Menurut Yunita, jika dilihat saat ini, pertumbuhan ekonomi di Sumsel masih 2,18 persen atau berada di urutan ke-10 se Indonesia. “Artinya masih relatif kecil, meskipun di Sumatera, Sumsel berada di urutan ketiga setelah Sumut dan Riau. Jadi ini ada peluang untuk meningkatkan size ekonomi dari Sumsel salah satunya melalui ekspansi kredit,”terangnya.

Apalagi lanjut Yunita ekspansi kredit di Sumsel masih relatif rendah dan berada di bawah nasional. Maka dari itu pihaknya mendorong perbankan untuk lebih aktif karena masih banyak sekali peluan usaha yang bisa dibiayai kredit.

“Kalau tahun lalu ada Asian Games, tapi tahun ini memang dari eksternal ini masih kurang , tapi kalau dari internal nya di Sumsel ini masih banyak sekali peluan, seperti rumah tangga, karena konsumsi rumah tangga itu berkontribusi 60 persen perekonomian di Sumsel. Jadi selain perbankan kita juga mendorong masyarakat Sumsel untuk lebih aktif membuka peluang usaha melalui kredit konsumtif, maupun usaha rumah tangga,”sambungnya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perbankan masih kata Yunita, adalah mencari peluang-peluang usaha baru. “Kalau selama ini hanya di karet, sawit dan batubara, nyatanya kopi juga punya peluang, bahkan di ekspor, termasuk juga industri pengolahan makanan juga bisa digarap,”tandasnya. (Ofie)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera