BI Terus Hadirkan BI Corner Untuk Cerdaskan Anak Bangsa

0 14
PALEMBANG,Pena Sumatera Co.id – Indonesia memiliki bonus demografi, yang mana jumlah masyarakat produktif dan angkatan kerja lebih tinggi dari anak anak dan orang dewasa. Hal ini pulalah yang mendasari Bank Indonesia melalui Program Indonesia Cerdas untuk turut serta berperan dalam mencerdaskan tenaga kerja produktif ini melalui dunia pendidikan dengan mendirikan Pojok Baca atau BI Corner.

Hal ini diungkapkan Kepala Bank Indonesia Kanwil Sumatera Selatan, Yunita Resmi Sari saat meresmikan BI Corner Universitas Tridinanti, Senin (25/11/2019).

“Ini memiliki multiplayer untuk perekonomian kita. Melalui Program Indoensia Cerdas ini, kami menginisiasi untuk mendirikan perpustakaan mini sebanyak mungkin,”katanya.

Menurut Yunita, pendirian BI Corner di Universitas Tridinanti bukan tanpa alasan. Pasalnya selain sebagai mitra Bank Indonesia dalam berbagai bidang juga banyaknya alumni dari Universitas Tridinanti yang berkerja di Bank Indonesia.

“Ini sebagai wujud kontribusi Bank Indonesia dalam dunia pendidikan yang ingin turut serta mencerdaskan tenaga tenaga kerja produktif,” tuturnya.

Masih katanya, untuk di Sumsel sendiri, sudah ada 15 BI Corner yang didirikan antara lain ada di SMA Sumsel, SMA Negeri 17, SMA Saverius 1 dan Universitas Mauhammadiyah. Dengan target pendirian 1.000 BI Corner di Indonesia.

“Dengan BI Corner ini akan semakin lengkap pengetahuan mengenai perekonomian. Bank Indonesia akan melengkapinya dengan terbitan terbitan yang up to date, tidak hanya bentuk buku cetakan tapi juga digital atau internet,” terangnya.

Yunita pun berharap, mahasiswa dapat memanfaatkan BI Corner ini dan membantu untuk menyebarluaskannya.

“Adanya perpustakaan mini atau BI Corner bertujuan untuk mencerdaskan tenaga tenaga kerjaproduktif yang dimiliki Indonesia Sehingga kita menjadi tuan rumah di negara sendiri,” tukasnya.

Senada disampaikan Rektor Universitas Tridinanti, Hj Manisah yang mengatakan, BI Corner merupakan pojok baca dari BI sebagai bentuk kepedulian dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Yang mana melalui pendirian Pojok Baca ini menjadi satu edukasi bagi masyarakat bukan hanya mahasiswa tapi juga dosen dosen dengan menyediakan buku buku edukasi mengenai keuangan dan perbankan serta fungsi dan peran dari BI sebagai sentral perbankan.

“Adanya BI Corner ini sangat bermanfaat karena menunjang Tridarma perguruan tinggi. Yakni pendidikan, pengajaran/penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, perpustakaan Universitas Tridinanti sudah terakreditasi B untuk tingkat nasional. Dan tidak hanya melayani untuk kepentingan dosen dan mahasiswa tapi juga masyarakat secara umum.

“Mahasiswa dari luar juga bisa memanfaatkan pelayanan yang kita sediakan seperti penyediaan literasi dan buku buku bidang ilmu pengetahuan seperti ekonomi, teknik dan keguruan,” jelasnya.

Manisah pun mengucapkan terimakasih kepada BI yang memilih Universitas Tridinanti untuk pendirian BI Corner/Pojok Baca mini ini.

“Manfaatkan semaksimal mungkin. Karena disinilah BI berperan sebagai pengembangan ilmu pengetahuan yang akan dilakukan mahasiswa dan dosen dengan memanfaatkan BI Corner untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jadi dapat dijadikan untuk penyelesaian penyelesaian tugas tugas ekonomi,” katanya. (Ofie)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera