BI Terus Sosialisasikan Penggunaan QRIS di Masyarakat

0 18
PALEMBANG,Pena Sumatera Co.id – Bank Indonesia Kanwil Sumatera Selatan menggelar sosialisasi Standar Nasional Quick Response Code atau Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Unggul (Universal, Gampang, Untung dan Langsung), (25/11/2019) di aula Universitas Tridinanti.

Kepala BI Kanwil Sumsel, Yunita Resmi Sari mengatakan, QRIS merupakan Standar QR Code Pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia.

Menurutnya, QRIS ini diinisiasi BI untuk mempercepat dan mempermudah transaksi keuangan dan mendorong efisiensi transaksi. Yakni dengan menggunakan satu barcode saja.

“Saat ini ada merchant merchant, OVO, Gopay, DANA dan masih ada lagi dengan barcode masing masing. Dengan QRIS nanti semua bisa jadi satu,” ungkapnya.

Yunita menjelaskan, sebelumnya BI telah mensosialisasikan penggunaan QRIS ini kepada pedagang pedagang pasar yakni di Pasar Lemabang. Nah setelah itu dilanjutkan dengan menggelar sosialisasi kepada pengguna transaksi dalam hal ini masyarakat yang menggunakan transaksi non tunai sebagai alat pembayaran, perbankan dan penyelenggaraan Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

“QRIS banyak di pakai UMKM untuk bertransaksi,” ungkapnya.

Yunita menjelaskan, ada beberapa keunggulan bertransaksi dengan QRIS. Seperti universal, mudah dan efisien. Yang mana QRIS ini sangat gampang karena transaksi dilakukan demgan mudah, dan aman dalam satu genggaman handphone.

“Kalau transaksi tunai harus direpotkan dengan membawa uang langsung selain itu juga tidaklah aman membawa uang dalam jumlah banyak ketika akan bertransaksi. Dengan QRIS ini memudahkan untuk bertransaksi.

“Keberadaan QRIS ini agar bisa standar dalam satu platform dan bisa masuk ke semua karena seluruh pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking cukup dilakukan dengan satu barcode. Apalagi trend dunia saat ini sudah menggunakan QRIS,” tutupnya. (Ofie)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera