Bina Darma Gelar 1st Palembang Business Plan Award

0 18

Palembang, Pena Sumatera – Pada  11 Juni 2022, Universitas Bina Darma melalui Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) menyelenggarakan “1st Palembang Business Plan Award” yang merupakan rangkaian dari Program Entrepreneur Fair Genap 2021-2022. Bapak Heri Suroyo, S.Si., M.Kom. selaku Direktur DIIB menyampaikan bahwa agenda program ini diawali oleh Business Plan Competition yang ditampilkan dalam Business Expo pada tanggal 27 Mei 2022 yang lalu telah berhasil menjaring 5 Nominator Business Plan Mahasiswa Universitas Bina Darma dari masing-masing Kategori Business Plan. “Pada semester ini terdapat 3 Kategori Business Plan, yaitu Industri Kreatif / Jasa, Industri Teknologi Informasi dan Industri Kuliner. Selain itu, pada 1st Palembang Business Plan Award ini, DIIB telah mengundang Business Plan Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palembang, STMIK Palcomtech dan STIKES Dona”, ujar Bapak Rahmat Novrianda Dasmen, S.T., M.Kom. selaku Ketua Pelaksana Program ini sekaligus Manajer Inovasi dan Kekayaan Intelektual DIIB.

Kegiatan 1st Palembang Business Plan Award yang dibuka oleh Bapak Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. selaku Wakil Rektor Universitas Bina Darma bidang Riset, Inovasi dan Teknologi ini, mengikutsertakan Business Plan Mahasiswa sebanyak 6 Business Plan dari Industri Kreatif / Jasa, 5 Business Plan dari Industri Teknologi Informasi dan 6 Business Plan dari Industri Kuliner. Kegiatan ini juga dilengkapi oleh kegiatan seminar yang dipandu oleh Bapak Taqrim Ibadi, M.Kom. selaku Moderator, serta beberapa Narasumber yaitu Dobby Lega Putra (CEO PT. Konakami Digital Indonesia), Indah Rizky Ariani, S.E., M.M. (Indah Mujyaer) dan Regita Cahyani (Owner ABEJE Thrift Shop / Juara 1 Business Plan Competition Ganjil 2021-2022). Selain itu, kegiatan ini juga mengundang Tim Juri Eksternal, yaitu Bapak Priyanto, S.T. dan Bapak Rahmatullah, M.Kom. untuk melakukan Penjurian Stand serta Pemaparan masing-masing Business Plan Mahasiswa yang ikut serta.

Kegiatan yang disponsori oleh Yamaha Thamrin Brother, RND Foodtrav, PT. Sinar Sosro, Collect Creativity, PT. Rifan Financindo Berjangka, Bantex dan Bank Sumsel Babel ditutup dengan Pengumuman Juara 1st Palembang Business Plan Award untuk masing-masing Kategori Business Plan. “Selain penentuan Juara, diadakan juga Pemilihan Favorit Stand Business Expo, Favorit Instagram Story dan Favorit Stand 1st Palembang Business Plan Award”, tambah Ibu Rasmila, M.Kom.

Sebagai Juara dalam Kategori Industri Kreatif / Jasa, yaitu Barbar Clothing sebagai JUARA 1 dari Universitas Muhammadiyah Palembang, PALMART (Palembang Market) sebagai JUARA 2 dari Universitas Bina Darma dan RASCOU (Raspberry Course) sebagai JUARA 3 dari Universitas Bina Darma. Sebagai Juara dalam Kategori Industri Teknologi Informasi, yaitu BENGKOL (Bengkel Online) sebagai JUARA 1 dari Universitas Bina Darma, CASBARKUY! sebagai JUARA 2 dari Universitas Bina Darma dan Yekdas Cihuy sebagai JUARA 3 dari Universitas Bina Darma. Untuk kategori ketiga Industri Kuliner, Juaranya adalah Kerupuk Ikan ‘PUKAN’ DEEFA sebagai JUARA 1 dari Universitas Bina Darma, Bakso Korean Food Kuah Tomyam sebagai JUARA 2 dari Universitas Bina Darma dan Stikesdona Creatif sebagai JUARA 3 dari STIKES Dona.

Selain itu, untuk Favorit Stand Business Expo diberikan kepada Basic Stiker dari Universitas Bina Darma, Favorit Instagram Story diberikan kepada Dimsum Pelakor dari Universitas Bina Darma dan Favorit Stand 1st Palembang Business Plan Award diberikan kepada Stikesdona Creatif dari STIKES Dona. “Semoga kegiatan seperti ini dapat terus diselenggarakan dan Panitia berharap Perguruan Tinggi di Kota Palembang dapat berjumpa kembali pada 2nd Palembang Business Plan Award di Universitas Bina Darma”, tutup Ketua Pelaksana yaitu Bapak Rahmat Novrianda Dasmen, S.T., M.Kom.(fie)

Baca Juga
Penasumatera