Bina Darma Lepas Mahasiswa KKN Tematik Angkatan I

0 45
Sumsel, Pena Sumatera co.id- Tidak hanya terus meningkatkan kualitas dan kompetensi civitas akademika saja, namun Universitas Bina Darma juga dibawah kepemimpinan Rektor Dr Sunda Ariana MPd MM terus intens turut andil membangun daerah di Sumatera Selatan.

Salah satu realisasi konkrit untuk menyokong percepatan pembangunan daerah yakni melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam kesempatan
Pelaksanaan KKN TEMATIK Angkatan 1 Universitas Bina Darma kali ini dilaksanakan di Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

“Kegiatan KKN Tematik ini merupakan implementasi kegiatan kurikulum MBKM salah satu  model pembelajaran MBKM adalah KKN Tematik  melalui program semangat gotong royong membangun desa,” ujar Rektor Dr Sunda Ariana MPd melalui Wakil Rektor II Bidang Riset dan Pengabdian Masyarakat Dr. Edy Surya Negara. M.Kom didampingi Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan kemahasiswaan Bapak Hendri Zainudin. S.Ag. S.H. di sela zoom meeting dan pelaksanaan BIMTEK dan Pelepasan Mahasiswa KKN Universitas Bina Darma, Sabtu (24/7/2021).

Dikatakan, Universitas Bina Darma memberangkatkan 94 mahasiswa. Terdiri dari mahasiswa program studi Psikologi, Ilmu Komunikasi, Teknik Industri serta 15 dosen pendamping  lapangan.

“Program kerja KKN Tematik yang dilaksanakan mahasiswa adalah terdiri dari 3 program kerja yaitu, program profiling desa, program kerja kelompok dan program kerja keilmuan. Hal ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan kegiatan KKN (kuliah kerja nyata) tematik dan membangun desa,” urainya.

Dijelaskan, melalui KKN Tematik  Universitas Bina Darma ingin berkontribusi mencerdaskan anak bangsa melaksanakan dengan melibatkan mahasiswa secara massif ke daerah sasaran dalam rangka semangat gotong royong membangun desa.

“Dalam pelaksanaan kegiatan KKN Tematik  Universitas Bina Darma semua yang terlibat mengedepankan social dan physical distancing,” terangnya.

Lanjutnya, peserta KKN diarahkan untuk melakukan kegiatan, mengimplementasi program merdeka belajar (MBKM) di lokasi yang ditetapkan. Proses pendampingan, pembimbingan, monitoring dan evaluasi serta pengembangan kompetensi akademik, kompetensi sosial mahasiswa oleh DPL dilaksanakan dengan dual model yaitu dengan metode dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) melalui tatap muka langsung.

“Dalam pendidikan tinggi, pengabdian masyarakat merupakan salah satu dharma perguruan tinggi (PT) yang memiliki kedudukan yang sama dengan dua dharma lainnya yaitu pendidikan dan penelitian,” imbuhnya.

“Dalam pendidikan tinggi menegaskan   bahwa Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan sivitas     akademika dalam mengamalkan dan Membudayakan Ilmu Pengetahuan  dan Teknologi untuk menyelesaikan    permasalahan khususnya dibidang  ilmu komunikasi, teknik industry dan psikologi,” tandasnya.(fie)

Baca Juga
Penasumatera