BSB Dukung Launching Pemasangan Stiker Tanda Lunas Pajak Kendaraan Bermotor

0 26
PALEMBANG,Pena Sumatera co.id- Bank Sumsel Babel sebagai bank pembangunan daerah di Sumatera Selatan ikut mendukung program pemerintah salah satunya dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak kendaraan bermotor (PKB).

Sebagai BPD yang memfasilitasi sistem pembayaran di Samsat Palembang, Bank Sumsel Babel ikut mendukung dilaunchingnya Pemasangan Stiker Tanda Lunas Pajak Kendaraan Bermotor, di kantor Samsat Palembang 1, Jumat (26/2).

Launching pemasangan stiker tanda lunas pajak kendaraan ini secara langsung dilakukan oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru yang juga inisiator program ini.

Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel, Mustakim dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya selalu mendukung program pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, salah satunya upaya meningkatkan PAD.

“Support kita selain dalam hal penerimaan pembayaran pajak baik secara cash kita buka counter disini juga sudah lama, sekarang kita perluas pelayanan dengan menyiapkan QRIS maupun ATM jadi wajib pajak saat membayar pajak akan semakin dimudahkan dengan pilihan metode pembayaran dari BSB,”kata Mustakim.

Menurut Mustakim, dengan adanya launching pemasangan stiker tanda lunas bayar pajak kendaraan ini, akan memudahkan instansi untuk mengetahui apakah kendaraan bermotor sudah membayar pajak atau belum.

“Dengan adanya stiker ini, Bapenda semakin dimudahkan cepat mengetahui apakah kendaraan itu sudah membayar pajak atau belum, Bapenda bisa langsung menaguh kepada wajib pajaknya,”jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel, H Herman Deru menyampaikan, pemasangan stiker tanda lunas bayar pajak kendaraan ini merupakan yang pertama di Indonesia.

“Tujuannya ini bukan untuk hukuman tapi reward kepada pembayar pajak. Yang tidak mendapat reward dia bisa bertanya pada dirinya sendiri. Maka gerakan ini gerakan psikologi, bagaimana menyadarkan masyarakat untuk mau membayar pajak tepat waktu,”kata Herman Deru.

Kepala Bapenda Sumsel, Neng Muhaiba menambahkan, launching pemasangan stiker tanda lunas pembayaran pajak kendaraan bermotor ini merupakan inisiasi dari Gbernur Sumsel.

“Ide dan gagasan ini lalu dituangkan dalam bentuk inovasi pemasangan stiker berbasis teknologi Qar Code yang  terhubung langsung dengan aplikasi Samsat dan dapat dilakukan pengecekan melalui smartphone. Stiker hanya berlaku satu tahun setiap pembayaran pajak kendaraan bermotor dan telah memiliki pengamanan tinggi yang tidak dapat dipalsukan,”terang Neng. (ofie)

Baca Juga
Penasumatera