Bumi Perkemahan Pandu Kinasih Sumber Harum jadi Study Center Sahabat Belajar Elpison

0 50

SEKAYU, Penasumatera.co.id – Sahabat di masa kecil adalah harta berharga yang harus kita jaga. Kalimat tersebut menjadi acuan dasar empat sekawan untuk membuat hal baru di daerahnya. Teman sejawat dari awal duduk dibangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah, walaupun tidak satu angkatan ini pun sering mengabiskan waktu bermain di lingkungan tempat tinggalnya.

Di mulai dari bermain bersama, belajar, mengaji, dan mengikuti kegiatan positif lainnya membuat mereka semakin peka terhadap lingkungan sekitarnya. Terlebih desa kelahirannya sudah memiliki banyak berbagai jenjang sekolah seperti TK, SD, SMP, dan SMA. Kemudian juga didukung tempat dan sarana kegiatan lainnya seperti Bumi Perkemahan Pandu Kinasih. Hal ini menjadikan Desa Sumber Harum yang dikukuhkan menjadi Desa Pramuka Sumatera Selatan pada tanggal 12 Oktober 2018 oleh H. Mukti Sulaiman,  S.H., M.Hum., menjadi salah satu pusat pendidikan terbaik di Tungkal Jaya, kabupaten MUBA, bahkan tingkat Provinsi.

Semakin pesatnya pendidikan dan jumlah pelajar di daerahnya, menggerakkan hati dan memunculkan ide empat sekawan dari latar belakang dunia pendidikan: Tito Nurdiyanto & Mei Hidayati (Universitas Sriwijaya Palembang), Setiyani, S.Pd., (Universitas PGRI Palembang), dan Lilis Nurhayati (Universitas Jambi) untuk membuat suatu wadah belajar untuk adik-adik di lingkungan sekitarnya.

Setelah lulus SMP, kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA dan dunia perkuliahan yang sempat membuat mereka terpisah dengan pilihan masing-masing, akhirnya setelah lulus dipertemukan kembali untuk mengabdi di daerah tercinta. Dimulai dengan obrolan ringan karena jarang berkumpul, akhirnya pada 14 Juli 2019 di akhir liburan semester  terbentuklah Sahabat Belajar Elpison (SBE).

Sahabat Belajar Elpison merupakan tempat belajar untuk adik-adik dari Pra-TK hingga SMA. Mereka dapat belajar Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan pelajaran lainnya sesuai jenjang sekolahnya. Hingga Oktober 2019, adik-adik yang bergabung di SBE telah mencapai 70 orang dari berbagai jenjang kelas dan sekolah. Di antaranya adik-adik dari Pra-TK, TK Mulia Sumber Harum, SD Negeri 1 Sumber Harum, SD Negeri 2 Sumber Harum, SMP Negeri 1 Tungkal Jaya, dan SMA Negeri 2 Tungkal Jaya. Hal ini menunjukkan bahwa antusias adik-adik sebagai pelajar untuk terus semangat belajar memang tidak diragukan lagi.

Dari berbagai mata pelajaran yang dipelajari, tak disangka pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran yang paling diminati adik-adik, terlebih adik-adik Pra-TK hingga SD. Seperti minggu-minggu sebelumnya, setiap hari minggu adik-adik belajar Bahasa Inggris dan proses pembelajaran dilakukan di Bumi Perkemahan Pandu Kinasih. Kegiatan pembelajaran memadukan alam sekitar, melatih kemampuan kognitif dan keterampilan, dan melatih kepekaan terhadap alam. Pada minggu ini materi yang dibahas adalah “Jobs and Occupations”.

Pembelajaran dimulai pukul 9 pagi sampai dengan 11 siang. Di awali dengan salam, berdoa, dan menyanyi lagu pertemuan sebelumnya. Kemudian adik-adik dikelompokkan sesuai dengan jenjang kelas masing-masing dan sesuai tutor masing-masing. Tutor menyiapkan berbagai macam gambar profesi dan cita-cita masa depan seperti menjadi Presiden, Dokter, Guru, Polisi, Tentara, Penyanyi, Koki, Desainer, dll. Setelah mengenal berbagai macam profesi dalam bahasa Inggris, mereka menuliskan cita-cita mereka di masa depan di kartu ajaib yang telah disiapkan. Kemudian menggantungkan kartu masing-masing dengan menggunakan tali di pohon dekat mereka belajar.

Setelah semua selesai, setiap adik-adik diperbolehkan keliling dan membaca satu per satu kartu ajaib teman-temannya dan mendoakan semoga cita-cita tersebut tercapai di masa datang. Banyak sekali cita-cita yang ingin mereka raih, ada yang ingin menjadi Tentara, Polisi Lalu Lintas, Guru, Dokter, Akuntan, bahkan Presiden. Pun yang menjadi sorotan ada yang ingin menjadi Pemadam Kebakaran dan Petani Sukses. Semua adik-adik sangat senang dan antusias belajar di luar kelas. Terlebih Bumi Perkemahan Pandu Kinasih Sumber Harum yang telah diresmikan pada tanggal 7 November 2014 oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Drs. H. Sohan Majid, MM., selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Musi Banyuasin pada saat itu adalah tempat strategis untuk belajar.

Sarsito, M.Pd., selaku Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Tungkal Jaya merasa bangga dengan adanya Sahabat Belajar Elpison. Beliau berpesan terus semangat belajar dengan adik-adik, jaga selalu kebersihan, dan gunakan Bumi Perkemahan Pandu Kinasih ini dengan sebaik-baiknya. Sementara itu, Tito Nurdiyanto, S.Pd., Gr. selaku penggagas dan ketua SBE tersebut menuturkan bahwa adik-adik adalah penerus dan pelurus masa depan, sehingga potensi yang dimiliki adik-adik harus terus diasah dan dikembangkan dengan berbagai cara belajar yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Apalagi adik-adik Sumber Harum ini sudah tidak diragukan kemampuannya lagi karena sudah banyak yang berkompetisi dan menjadi pemenang dalam berbagai lomba dan kegiatan dari tingkat daerah hingga nasional. Kami selaku pemuda-pemudi daerah sini akan terus semangat membimbing adik-adik semua dengan memanfaatkan berbagai tempat dan sarana-prasarana yang kita punya. (rel/yulie)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera