Buntut Perpanjangan Mall Kembali Tutup, Banyak Tenant Merugi dan Karyawan Terancam PHK

0 728

Palembang, Pena Sumatera co.id —   Buntut diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV yang resmi diperpanjang hingga 9 Agustus 2021, yang membuat mall mall di Palembang kembali harus tutup, hal ini banyak menimbulkan kerugian. Tak hanya itu saja akan banyak karyawan yang terancam Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar besaran di mall mall besar tersebut.

Meskipun harus berlapang dada dan mengikuti aturan Pemerintah sesuai imtruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) no 28 Tahun 2021 dan surat edaran Walikota no 31/SE/DINKES/2021 bahwa beroperasional terbatas mulai 3- 9 Agustus 2021 mendatang, hal ini tentu akan merugikan sekali karena mall tutup.

Ongky Prasetyo Manager Marketing dan Communication Palembang Indah Mall (PIM) mengatakan, saat ini mall masih tutup. Kalau dari sisi bisnis  penutupan mall ini diakui Ongky sangat merugikan sekali. “Karena begitu mall tutup otomatis tenant tidak ada pemasukan sehingga merugi,”katanya, kemarin.

Masih kata Ongky, buntut dari kerugian ini akibatnya akan banyak karyawan terancam PHK. “Di Pim ini setidaknya ada 1300 tenaga kerja yang terancam kehilangan pekerjaan apabila PPKM ini terus dilanjutkan,”terangnya dengan nada sedih.  Seraya menambahkan jika pihaknya tak bisa berbuat apa apa juga jika PPKM ini terus dilanjutkan karena harus taat aturan Pemerintah.

Hal senada juga diungkapkan Intan Marketing Communication Palembang Square (PS) Mall mengatakan, jika pihaknya mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah tersebut.

“Kita sudah memberi informasi kepada semua tenant satu persatu untuk masih melakukan penutupan karena p diperpanjangnya PPKM Level 4 ini.’kata Intan,kemarin.

Pemberlakuan penutupan tenant ini berlaku di semua tenant yang ada di PS mall dan PSx Mall kecuali essensial sektor seperti supermarket bahan makanan seperti Hypermart, Carefour, apotik Watson dan lainnya.

Begitu juga untuk tenant makanan seperti Solaria, KFC, Yoshinoya dan lainnya masih buka dan menerima order untuk makan dibawa pulang karena tidak berlaku makan di tempat.

“Untuk essensial sektor ini kita buka mulai dari pukul 10.00 wib sampai pukul 20.00 wib.”kata Intan lagi.

Sementara itu Store Manager Ace Hardware PIM Han saat dikonfirmasi membenarkan penutup tenant Ace Hardward tersebut. “Kita tutup  mbak sesuai aturan dari Managemen mall meskipun begitu kita tetap melayani transaksi lewat website atau online,”katanya.

Diakui Han, untuk transaksi online biso dilakukan melalui aplikasi member namanya miss ace atau melalui rupa-rupa.com. “Ado jugo kito menghubungi customer by phone dan WA untuk memberikan informasi promo apa yang sedang berlangsung,”tambahnya singkat.

Seperti diketahui Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memastikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV, resmi kembali diperpanjang hingga 9 Agustus mendatang.

Perpanjangan PPKM Level IV merujuk dari instruksi pemerintah pusat bagi daerah dan kabupaten yang penyebaran Covid 19 masih tinggi. “Saat ini kita melanjutkan PPKM di level 4 untuk tahap ketiga hingga tanggal 9 Agustus . Sekali lagi kepada semua pihak, marilah kita bersama-sama patuhi protokol kesehatan,” kata Walikota Palembang  H. Harnojoyo, Selasa (3/8).

Guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 , Harnojoyo  mengajak warganya untuk antusias melakukan vaksinasi. “Marilah kita antusias untuk vaksinasi,” ajaknya.

Ia  juga menyampaikan, dengan terus menekankan Protokol Kesehatan di tengah aktivitas serta dengan antusias masyarakat untuk melakukan vaksinasi, rantai penyebaran Covid-19 di kota Palembang diharapkan dapat segera terputuskan. “Mudah-mudahan dengan upaya kita ini rantai penyebaran virus Corona ini dapat segera kita putuskan,” ujarnya. (fie/rel)

Baca Juga
Penasumatera