Bupati Bengkulu Selatan Belajar Replanting Sawit Ke Bengkulu Utara

0 69

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi bersama beberapa pejabat dilingkungan Pemkab BS, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan para kelompok tani, Kamis (23/05) pukul 08.00 Wib, melakukan kunjungan studi banding program replanting (peremajan sawit) yang sukses di Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

Kedatangan Gusnan di Bumi Ratu Samban Kabupaten Bengkulu Utara, disambut baik dengan H. Ir. Mian Bupati Bengkulu Utara, sebelum terjun terlebih dahulu Bupati beserta rombongan melakukan audensi di ruang kerjanya dan selanjutnya dengan kita, audiensi mulai dari persiapan lahan, administrasi dan segala macam. Begitu disampai Sasman, S. P Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perkebunan Bengkulu Utara.

Tentu dalam Kujungan Kerja (Kunker) ke dua kelompok tani Kecamatan Giri Mulya, beliau ingin melihat secara langsung proses kerja dilapangan, dan juga mereka tergabung dalam rombongan berdialog dengan para petani dilapangan dan selanjutnya dialog dengan kami bagaimana proses Dinas Perkebunan Bengkulu Utara melakukan tumbang dan chipping untuk replanting. Yang jelas pak Gusnan pada kesempatan ini sangat konsen bagaimana Bengkulu Utara bisa sukses dalam program replanting sawit.

“Contoh untuk sawit umur 25 tahun ke atas wajib di remajakan, sawit yang per hektar dalam 1 tahun tidak lebih dari 10 tahun wajib kita replanting “tentunya asal petani mau tidak ada paksaan atau yang 2 tahun sudah jelas bibit asalan kita replanting, jadi untuk 1 Hektar 25 juta dibantu cuma-cuma,” Tambahnya.

Lebih lanjut Saman mengatakan sebenarnya dipusat Bengkulu Utara sudah masuk ternama tetang replanting. “Jadi mengenai hal ini tentunya bukan hal baru bagi kami Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkulu Utara, hampir Kabupaten di Provinsi Bengkulu belajar ke kita, seperti Bengkulu Selatan mereka meminta kerjasama dan bimbinganya bagaimana Kabupaten Bengkulu Utara bisa sukses,” Tutupnya. (yapp)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera