Bupati OKI Inginkan Pembakar Lahan Ditindak Tegas

Kapolda Sumsel Perintahkan Tembak Ditempat

0 51

KAYUAGUNG, penasumatera.co.idPersoalan Kebakaran Hutan Lahan dan Kebun (Karhutlabun) mendapat Perhatian khusus dari Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar SE.  Terlebih beberapa kebakaran lahan yang kembali terjadi, Iskandar langsung mendatangi titik kebakaran untuk berkoordinasi melakukan pemadaman dengan segera.

Lebih tegas, orang nomor satu OKI ini meminta aparat tembak ditempat bagi pelaku pembakaran yang dinilai sudah tidak mematuhi aturan, apalagi dalam waktu dekat ini Sumatera Selatan dipercaya menjadi salah satu Provinsi dalam menyelenggarakan tuan rumah Asian Games.

“Kalau bandel tembak ditempat,” pintanya seraya meminta kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol Adi Setianegara saat meninjau langsung lokasi kebakaran di Desa Kayu Labu Pedamaran Timur (18/7/2018).

Kekhawatiran Bupati terpilih ini dua periode ini cukup beralasan, menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir, upaya Pemerintah mengajak masyarakat dalam mencegah sudah dilakukan.

“Pemerintah dengan TNI dan Polri tetap terus berkoordinasi. Juga kepada jajaran kades untuk terus menyuarakan kepada masyarakat luas agar tidak membakar lahan,” tegasnya.

Bupati OKI Inginkan Pembakar Lahan Ditindak Tegas

Dijelaskan Bupati, setelah tiga tahun lalu, baru sekarang kebakaran terjadi lagi. Menurutnya, kebakaran saat ini kelihatan cukup luas.

“Kalau dulu spotnya sedikit, dan dengan luas dibawah satu hektar, dan sekarang lebih dari 10 hektar, pemadaman dengan kekuatan penuh, mulai dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD hingga masyarakat untuk melakukan tindakan pemadaman,” ujarnya.

Kapolda Sumsel mengamini permintaan Bupati OKI untuk menindak tegas pelaku pembakaran lahan. Menurut Jenderal ini, tindakan represif diperlukan setelah upaya sosialisasi sudah dilaksanakan.

“Upaya ketegasan mencegah kebakaran lahan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, Kapolres didengar ketegasan Bupati  menindak, bila perlu tembak ditempat sebagai efek jera,” tandasnya (Rachmat Sutjipto)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.