Capai 30 Hektar Gagal Panen, Petani Air Napal Berharap Bantuan Embung

0 52

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id- Puluhan petani Desa Selubuk Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara, berharap bantuan embung dari Pemerintahan Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara, dikarnakan sering mengalami gagal panen.

“Hal ini disampaikan Zainal Amri Ketua Kelompok Tani Selubuk Donok Bengkulu Utara (BU), mengatakan selama ini kita petani beberapa kali sering mengalami gagal panen, bahkan gagal panen tersebut pernah kejadianya mencapai 30 hektar lebih “, ujar Zainal kembali menyampaikan”.

Lanjutnya adapun kendala dialami petani dimana setiap musim kemarau melanda, masyarakat (petani-red) sering mengalami gagal panen, seperti contoh Zainal meyampaikan disaat masa tanam atau umur padi berkisar 1 bulan atau juga 2 bulan ditanam, mengalami mati total.

Maka dari itu kami inisiatif di November 2020 sebelumnya, kami kelompok tani atas nama kelompok tani “Selebuk Donok” Kecamatan Air Napal BU mengajukan proposal, ke Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Bengkulu Utara, dan direspon oleh DTPHP Bengkulu Utara.

“Barulah di bulan Juli 2021 ada dari pihak DTPHP Bengkulu Utara, turun kelokasi melakukan serve mulai dari mengukur dan memasang patok dilokasi. Kemudian dari pihak DTPHP mengatakan bisa dan siap, rencananya di tahun 2021 akan dibuat embung berikut sumur bor sebagai sumber air melalui dana DAK, sampainya, Sabtu (11/09).

Namun sampai sekarang belum ada penjelasan yang pasti terkait pembangunan embung yang dinanti-nanti masyarakat Desa Selubuk Kecamatan Air Napal. Dimana kita berharapan kepada Pemkab BU, berharap betul bisa direaslisasikan karna selama ini sering gagal panen dikarnakan kekeringan, maka dari itu kita minta bantuan embung. Tutupnya. (Yap)

Baca Juga
Penasumatera