Dana PKG Cair Akhir Desember 2016

1 73

PALEMBANG – Akhir tahun 2016 mendatang,tepatnya bulan Desember 2016 Dana program Kuliah Gratis (PKG) akan segera cair. Saat ini Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) sudah mendapatkan nama penerima beasiswa PKG 2015 tersebut.

Kepala Disdik Sumsel Widodo mengatakan, jika usulan sudah masuk dan berharap segera dapat ditransfer di perguruan tinggi mitra secepatnya. Untuk selanjutnya akan ditransfer oleh pihak perguruan tinggi ke rekening mahasiswa penerima PKG secepatnya.

“Para peserta penerima beasiswa PKG ini sebelumnya telah lulus seleksi tim independen sesuai Perda 3/2015 tentang PKG,”kata Widodo. Pada tahap awal, mahasiswa yang akan mendapatkan PKG sebanyak 2000 orang dengan alokasi dana sekitar Rp30-50 miliar/tahun.

“Nantinya penyerapan dana ini sesuai dengan nilai UKT (uang kuliah tunggal) di perguruan tinggi masing-masing, karena setiap program studi memiliki UKT berbeda,”tambahnya lagi.

Terpisah, Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Prof Suyitno mengaku sudah mendapatkan nama penerima beasiswa PKG dari pemerintah. Dari 420 mahasiswa yang diajukan, kampus berbasis Islam ini hanya mendapatkan alokasi sebanyak 369 orang. Adapun prodi yang disediakan PKG yakni Ekonomi Islam, Muamalah, Psikologi Islam, PGMI, Biologi, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Bahasa Inggris, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Politik, Jurnalistik, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Biologi.

“Tahap sekarang mereka mulai melengkapi administrasi, diantaranya mengumpulkan materai 6000 untuk perjanjian beasiswa dan KTM (kartu tanda mahasiswa) melalui wakil dekan di setiap fakultas masing-masing,” terang dia.

Dalam PKG, sambung Suyitno, civitas akademik sudah menjalin nota kesepahaman dengan Pemprov Sumsel seperti kerjasama tentang prosedur dan mekanisme pencairan bantuan pendidikan termasuk biaya hidup serta penandatangan kontrak hibah dari Gubernur Sumsel dengan Rektor UIN Raden Fatah tentang bantuan PKG.

“Beasiswa PKG dikucurkan bersamaan dengan berjalannya semester ganjil, karena itu kemungkinan dana yang sudah dikeluarkan mahasiswa untuk biaya semester ini akan dikembalikan,” jelasnya.

Pihaknya meminta kepada wali mahasiswa PKG untuk bisa hadir dalam kegiatan Student Award di Academic Center UIN pada 23 Desember. Lewat momen ini, civitas akademik akan memberikan pengarahan khusus kepada orang tua wali mahasiswa tersebut. “Sebetulnya Student Award ini kita undang seluruh mahasiswa angkatan 2015, khusus penerima PKG diwajibkan karena ada pengarahan khusus,”katanya. (hsn)

1 Komentar
  1. A.munirul Ihwab berkata

    Assalamu’alaikum
    Mhon maaf sebelumnya pak.
    Saya A. Munirul Ihwan salah satu penerima beasiswa PKG. Dari UIN Raden Fatah Palembang. Saya hanya sekedar ingin tahu aj pak. Kapan kiranya PKG ini pencairan lagi krna SDH 2 smster ini tidak cair pak. Sedangkan byk mahasiswa yg sangat memerlukan dan menunggu pencairan ini pak. Termasuk saya pak. Kami disusun pak harga kelapa GX ad harganya begitupun harga sawit & karet. Itupun bagi yg punya kebun.JD kami sngt mnghrapkn pak pencairan PKG ini. Demi untuk melanjutkan pendidikan kami pak.
    Terimakasih & mhon mf pak atas kelancangan saya
    Wassalamu’alaikum

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera