Dari Hasil USMB 2018, PTS UIGM Paling Diminati

0 129

PALEMBANG, Penasumatera.co.id –  Hasil Tes Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Universitas Sriwijaya (Unsri) sudah bisa dilihat dengan mengakses website usm.unsri.ac.id pada pukul 13.35 WIB, Selasa (17/7). Dalam pelaksanaan Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Unsri 2018, Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang mendominasi sebagai kampus yang paling diminati.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unsri sekaligus Ketua Panitia USMB Unsri, Prof Ir Zainuddin Nawawi, Ph.D  menerangkan, Meski ada 6 perguruan tinggi swasta (PTS) yang ikut berpartisipasi pada penerimaan mahasiswa baru tersebut, namun standarisasi nilai berdasarkan passing grade yang ditetapkan Unsri. “Kelulusan tetap berdasarkan standar USMB sehingga kemungkinan kuota yang sudah diajukan PTS belum bisa terpenuhi semua,” terangnya.

Dia menyebutkan, total peserta USMB yang hadir pada ujian tertulis mencapai 6.755 orang. Namun, peserta yang dinyatakan lolos hanya 3.713 orang dengan alokasi tertinggi pada Unsri 2.484 orang, UIGM 524, Universitas PGRI 376, Universitas Tridinanti Palembang 181, MDP 112, Stisipol 21 dan Universitas Taman Siswa 15 orang. Namun, jika dilihat dari peminatan peserta, Unsri sendiri mencapai 12.845, UIGM 1.744, Tridinanti 989, UPGRI 1.472, MDP 536, Tamsis 117 dan Stisipol 121. “Jumlah peminatan memang lebih banyak karena setiap peserta mendapat kesempatan memilih lima prodi,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya mengingatkan kepada peserta yang lolos memilih Unsri untuk segera melakukan registrasi berkas dan kesehatan di kampus Unsri Indralaya pada 25-26 Juli. Mengingat, proses Program Pengenalan Kehidupan Kampus akan digelar pada 2-3 Agustus. Sementara, mahasiswa yang lolos di PTS untuk segera memenuhi persyaratan yang ditetapkan perguruan tinggi bersangkutan. “Bagi yang tidak lolos juga jangan berkecil hati. Unsri masih membuka jalur Diploma III untuk Fakultas Ekonomi dan Ilmu Komputer pada tanggal 21 Juli nanti.

Sementara itu, Humas dan Publikasi Unsri Prof. Dr. H. Zulkifli Dahlan, M.Si., DEA menambahkan, keikutsertaan PTS pada USMB Unsri tetap dilihat dari kualitas perguruan tinggi. Sebab, perguruan tinggi yang ikut dalam USMB minimal memiliki prodi yang terakreditasi B. “Maka dari itu, standar kelulusannya juga harus berdasarkan ketentuan Unsri. Jadi meskipun masuk di PTS namun kualitas mahasiswa tidak kalah dengan Unsri,” ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Prof Zulkifli Dahlan juga menyinggung hasil pengumuman calon penerima beasiswa Bidikmisi. Dia menjelaskan, tim visitator sudah melakukan visitasi ke rumah calon mahasiswa untuk melihat kondisi ekonomi keluarga. Selanjutnya, pengumuman kelulusan penerima bidikmisi akan dilakukan hari ini (18/7).

“Total calon mahasiswa lewat jalur Bidik Misi sebanyak 970 orang, rinciannya jalur SNMPTN ada 441 orang dan SBMPTN 529 peserta,  Calon penerima yang kita nilai layak menerima Bidikmisi ini selanjutnya akan kita serahkan ke Kemenristek Dikti untuk disahkan,”pungkasnya (hasan basri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.