Demi Bengkulu Utara, Kepala Dinas Sosial Kembali Bertugas

0 143

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id –
Menyikapi maraknya pemberitaan mengenai pengunduran diri Suwanto, SH, M.A.P dari jabatan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Utara, Ir. Mian Bupati Bengkulu Utara, melalui Drs. Setyo Budi Raharjo Kepala Badan Kepegawaian dan Perencanaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bengkulu Utara, melakukan klarifikasi kebenaran terhadap yang bersangkutan.

“Adapun dalam klarifikasi tersebut, Suwanto menyatakan memang pernah menyatakan mengundurkan diri dari jabatan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara (BU), dengan alasan kesehatan”.

Setelah berdiskusi dan mendengarkan penjelasan dari Suwanto, Kepala BKPSDM BU menyampaikan beberapa masukan kepada Suwanto untuk dapat memikirkan kembali keputusannya. Mengingat saat ini Kabupaten BU, tengah berjuang menghadapi pandemi Covid19 dimana Dinsos menjadi salah satu ujung tombak dalam penanganan dampak pandemi Covid19 ini.

Terlebih lagi, dengan adanya UU Nomor 10 tahun 2016 yang melarang Kepala Daerah melakukan penggantian pejabat sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.
Atas dasar hal tersebut, dan setelah mendapat masukan serta mengedepankan kepentingan masyarakat Kabupaten BU Suwanto menyatakan mencabut pengunduran dirinya sebagai Kepala Dinsos, dan kembali siap mengabdikan dirinya untuk membantu Bupati dalam penanganan dampak dari pandemi Covid19 di Kabupaten Bengkulu Utara.

Setelah mendengar masukan dari Kepala BKPSDM dan setelah saya fikirkan lebih lanjut, saya siap untuk melanjutkan amanat yang selama ini telah diamanahkan bapak Bupati kepada saya selaku kepala Dinsos BU. Dan semua ini saya lakukan murni karena setelah saya renungkan dan fikirkan kembali, tenaga dan fikiran saya masih dibutuhkan masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara” tegas Suwanto Kadinsos sesaat setelah melakukan klarifikasi dengan Kepala BKPSDM BU.

Drs. Setyo Budi Raharjo Kepala BKPSDM sendiri juga menyampaikan bahwa sesuai dengan regulasi bahwa benar hak seorang ASN untuk mengundurkan diri dari jabatan, namun hal ini tidak serta merta menjadikannya berhenti dari jabatannya. Sebelum mendapat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri, Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian belum dapat mengeluarkan SK Pemberhentian dari jabatan pejabat yang mengundurkan diri dalam masa waktu larangan mutasi tersebut.

“Bapak Bupati tentu tidak ingin gegabah memutuskan untuk menyetujui pengunduran diri Saudara Suwanto ini, tetapi dilakukan klarifikasi terlebih dahulu. Dan alhamdulillah, setelah berdiskusi saudara Suwanto ini kembali siap melanjutkan amanah sebagai kepala Dinsos BU karena memang tenaga dan fikirannya masih sangat dibutuhkan untuk penanganan dampak Covid19 di Kabupaten BU.” begitu disampaikanya, Selasa (5/5).

Terpisah, Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian melalui rapat dengan unsur pimpinan akan mengatur tugas dan SKPD terkait, dan tetap berpegang pada aturan atau regulasi dalam penanganan Convid 19.

“Dengan melihat kondisi saat ini, dimana beban kerja di Dinsos dalam penanganan dampak Covid19 cukup banyak, melalui rapat dengan unsur pimpinan kita akan atur kembali peranan dan keterlibatan unsur-unsur SKPD terkait disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsinya namun tetap berpegang kepada aturan dan regulasi yang ada.

Kita berharap, semua upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara ini dapat menyentuh kepada masyarakat dan dapat meringankan beban masyarakat akibat dampak dari situasi pandemi Covid19 ini, (Adv).

loading...

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera