Diduga Gelapkan Dana Nasabah, Kacab Koperasi BMT Putri Hijau Diamankan

0 64

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id  Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Kabupaten Bengkulu Utara, Sabtu (14/07) sekitar pukul 17.00 Wib, mengamankan Sukiman (32) tahun warga Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur yang merupakan Kepala Cabang Koperasi BMT Kacamatan Putri Hijau yang diduga terlibat dalam kasus penggelapan dana nasabah sekitar 2,7 Miliar.

Kasat Reskrim Polres Bengkulu Utara, AKP. Jufri, S. IK menerangkan Koperasi BMT yang bergerak dibidang simpan pinjam dengan bunga 2,5 % tiap bulan. Akan tetapi lebih banyak menarik dana masyarakat dari pada meminjamkan kepada masyarakat, karena seluruh dana yang diterima dikirim langsung oleh pengurus Koperasi BMT Putri Hijau ke koperasi BMT pusat di Lampung.

“Kegiatan pengiriman dana tersebut berlangsung sejak awal berdirinya koperasi BMT di Kecamatan Putri Hijau tahun 2013, sampai pada akhirnya dilaporkan oleh anggotanya di bulan Januari tahun 2018, lalu. Karena anggota koperasi tidak bisa menarik dana dan koperasi tersebut tidak melayani lagi pinjaman dari masyarakat dan setelah dihitung diperkirakan koperasi tersebut telah merugikan anggotanya sekitar 2,7 M,” sampai Kasat

Ditambahkan Kasat, pihaknya saat ini masih mengkompulir BB yang diperoleh dari masyarakat yang telah menjadi anggota Koperasi BMT. Kita juga melakukan koordinasi dengan tripika Kecamatan Putri Hijau untuk menenangkan warga yang menjadi anggota koperasi bahwa kepala cabang BMT sudah diamankan, agar tidak melakukan tindakan yang justru merugikan mereka sendiri dan menyerahkan kasusnya ke pihak kepolisian.

“Untuk rencana tindak lanjut. Kita akan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kejaksaan. Selanjutnya mencari pelaku lain yang diduga terlibat dalam kasus tersebut dan memanggil pengurus BMT pusat Lampung.” Tutupnya.(yapp)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.