Disdik Larang Sekolah Minta Kado Pada Wali Murid Saat Bagi Rapor

0 132

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Hampir semua sekolah di Kota Palembang pada tanggal 29 Juni 2019 mendatang akan melakukan pembagian rapor untuk siswanya. Seakan sudah menjadi budaya, disanalah praktik-praktik pemberian hadiah kepada Ibu atau Bapak Guru wali kelas dilakukan oleh segelintir orang tua siswa.

Saat dimintai tanggapannya mengenai hal tersebut Kepala Bidang SD Disdik Kota Palembang Bahrin, S.Pd.MM mengatakan sebetulnya pihaknya sudah memberi imbauan dan peringatan khusus terkait hal tersebut di lingkungan sekolah. Namun, hal ini tampak sulit dilakukan sebab sudah menjadi “budaya” yang dilakukan para orangtua siswa.

“Kita sudah menghimbau tapi dari sisi lainkan juga orang sudah menjadi budaya, tidak bisa dihindarkan,” ujarnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/6/2019).

Namun ia menegaskan agar pihak sekolah tidak memaksakan untuk meminta hadiah kepada wali murid, apalagi memberatkan wali murid, mungkin saja diantara wali murid tersebut yang kondisi ekonominya pas-pasan. “Kalau anak mereka dibebani dengan dimintai hadiah itu sama saja memaksa, saya minta tidak ada sekolah yang seperti itu meminta hadiah yang sifatnya wajib,kalaupun ada kedapatan sekolah seperti itu pihak Disdik akan memberikan sanksi berupa teguran,”tegasnya.

Pemberian hadiah itu sebenarnya memang tidak wajib, tapi jika wali murid mampu dan merasa anaknya telah dididik selama di bangku sekolah dan mereka memberikan hadiah sebagai ucapan terima kasih yang sifatnya tidak memaksa tidak jadi masalah.”Hadiah yang mereka berikan dalam artian sebagai rasa ucapan terima kasih atas jasa guru yang telah mendidik anak mereka mungkin bisa dimaklumi, asal sifatnya tidak memaksa dan kehendak pribadi wali murid,”tutup Bahrin.(hsb)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera