Disdik Libatkan Pelajar SMA/SMK Meriahkan Asian Games 2018

0 56

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bakal mengerahkan ribuan siswa ke berbagai vanue di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) untuk mendukung dan memeriahkan event Internasiona Asian Games 2018 di Kota Palembang.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs. Widodo, M.Pd mengatakan, pihaknya akan mengerahkan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk datang secara bergantian ke beberapa venue di JSC saat pertandingan berlangsung. “Beberapa sekolah akan datang ke JSC untuk menyaksikan pertandingan sekaligus memberikan dukuangan pada tim Indonesia saat Asian Games,” ungkapnya.

Menurut Widodo, setiap sekolah akan didampingi beberapa orang guru selama di kawasan JSC Palembang. Selain mendukung tim Indonesia, siswa juga akan diberi tugas membuat laporan yang dikaitkan dengan pelajaran masing-masing. “Setelah berkunjung mereka harus membuat laporan sesuai dengan pelajaran saat hari berkunjung tersebut, bisa jadi tugas bahasa, sejarah dan lain sebagainya,” paparnya.

Dijelaskan Widodo, jumlah siswa yang akan dikerahkan ke JSC sendiri mencapai ribuan siswa dari berbagai sekolah di Sumsel baik SMA maupun SMK. Namun, untuk SMA-SMK di kabupaten/kota akan diambil perwakilan saja untuk datang ke JSC sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. “Kita ingin siswa berbaur dan berintraksi dengan para turis dari berbagai negara tersebut. Mereka bisa menggali berbagai infomrasi dan meningkatkan kemampuan bahasa mereka baik bahasa inggris, arab, mandarin dan bahasa lainnya,” terangnya.

Namun, secara teknis Widodo mengaku, masih mempertimbangan sekolah mana saja yang akan berkunjung ke JSC pada Asian Games. Hal ini atas pertimbangan dana, tranportasi dan penginapan siswa jika berada di luar Kota Palembang. “Kita ingin jadikan Asian Games sebagai momentum observasi siswa dalam mengembangkan diri pelajar di Sumsel agar lebih baik, melalui Asian Games Kita ingin siswa SMA-SMK juga mendapatkan manfaat dan ilmu baik budaya, bahasa dan lain sebagainya ,” tegasnya (hasan basri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.