Diserang Hama, Petani Dua Desa Bengkulu Utara Gagal Panen

0 47

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id – Setelah mendapatkan laporan adanya 30 hektar sawah milik petani di dua desa yaitu Tanjung Agung Palik dan Alun Dua Kabupaten Bengkulu Utara, telah diserang hama pengerek batang coklat dan tikus dalam beberapa bulan terakhir dan membuat para petani yang tergabung di 9 kelompok tani gagal panen.

“Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, bersama Dinas TPHP Bengkulu Utara, dan masyarakat, melakukan penyemprotan massal penanganan dan pengendalian hama di Desa dua Kecamatan Tanjung Agung, pada Bengkulu Utara, Rabu (7/7)”.

“Kuasa Barus Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Bengkulu, menuturkan sebelumnya kita sudah mendapat laporan dari masyarakat adanya 30 hektar lahan warga gagal panen di dua Kecamatan akibat terserang hama, dan karena keterbatasan kita sampaikan kepada DTPHP Provinsi”.

Dilokasi juga, dari pihak provinsi memberikan bantuan pestisida sidarat sebanyak 100 kg untuk pengendalian tikus dan cairan abuki sebanyak 30 liter untuk pengerek batang coklat, adapun bantuan yang disalurkan tersebut untuk pencegahan serangan hama yang menyebar ke area sawah para petani (warga) yang lainya.

Kuasa Barus, diskesempatan ini mengucapkan terima kasihnya kepada pihak provinsi yang telah turut langsung melakukan penanganan dan pengendalian hama, lanjutnya tak hanya pestisida, pihak provinsi juga memberikan bantuan bibit palawija sebagai peganti tanaman kepada masyarakat, tutupnya. (Yap)

Baca Juga
Penasumatera