DTPHP Cek Kesehatan Qurban Sebelum di Sembelih

0 48

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id – Bagi masyarakat, baik di Desa dan Kecamatan wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, yang ingin berqurban pada hari raya Idul Adha 11 Agusatus 2019 (10 Dzulhijjah 1440 H) mendatang, tak perlu bingung dan resah mencari hewan
qurban yang akan di sembelih sampai-sampai keluar daerah.

Pasalnya, dari hasil pemantauan yang dilakukan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Bengkulu Utara, terhadap para peternak dilapangan mengatakan untuk ketersediaan ternak atau hewan qurban bisa dikatakan cukup atau melimpah dan kita tidak perlu lagi mendatangkan hewan qurban dari luar Kabupaten, malah sebaliknya.

Kuasa Barus, S.Pt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Pertenakan (DTPHP) Kabupaten Bengkulu Utara melalui Sekretaris Dinas drh. Dwi Kurniawati  dikonfirmasi membenarkan,

“Ketersediaan hewan qurban melimpah dan tersebar diwilayah Bengkulu Utara, meliputi Sapi sebanyak 2.979 ekor, Kerbau 705 ekor kemudian Kambing sebanyak 3.091 ekor,” Ujarnya, Rabu (07/08/2019).

Jadi, lanjut Dwi, selain melakukan pemantauan ternak yang akan disembelih, dilapangan petugas kita juga melakukan antisipasi jika ada hewan qurban yang tidak layak, “petugas kita dilapangan melakukan pemeriksaan kesehatan ternak pada seluruh para peternak dan penjual, seperti juga harus memenuhi syarat dari sisi kesehatan terhadap hewan yang sudah dimahar atau sudah disuplai ke masjid-masjid dan selanjutnya siap di sembelih pada Idul Adha.” Pungkasnya. (Yapp)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera