Gubernur Ingin Go Internasional, Tabut Tebuang 2022 Bengkulu Berlangsung Meriah

0 125

Bengkulu, Penasumatera.co.id – Penutupan Festival Tabut Tahun 2022 di Bengkulu berlangsung meriah, disampaikan Ketua KKT Bencoolen Syafril tak lupa juga ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Bengkulu, sehingga Tabut berjalan lancar dan meriah.

“Juga terimakasih kepada Menparekraf RI, dimana menetapkan Tabut Bengkulu 2023 mendatang, jadi event internasional”, ujar ketua KKT Bengkulu, Senin (8/8).

Terpisah disela pimpin Pelepasan Prosesi Tabut Tebuang 2022 di Balai Raya Semarak, Gubernur Bengkulu menuturkan nanti kita akan kolaborasi dengan beberapa negara, maka dengan kondisi tertentu kita perlu persiapan yang lebih baik dan dukungan dari semua pihak, terutama pihak Kemenparekraf dan KKT.

Lanjut Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu, mewujudkan Festival Tabut Bengkulu 2023 sebagai event Internasional, Pemprov Bengkulu bersama jajaran teknis akan melakukan pembahasan lebih rinci, terutama dari aspek persepsi dan kepemilikan, legal aspek, penetapan lokasi pelaksanaan permanen dan titik ekspose budaya dan lainnya.

“Sehingga betul-betul Tabut ini milik bersama atas nama Bengkulu dan pada akhirnya ditarik jadi event dunia, termasuk juga kostum Festival Tabut yang khas juga harus disiapkan, sehingga kental nilai budayanya”.

Sementara UMKM dipastikan Gubernur juga dipersiapkan sehingga bisa naik kelas dan Go Internasional, jadi saat ini kita juga tengah mendata UMKM dari masing-masing kabupaten/kota berkisar 5 sampai 10 UMKM yang memang berkualitas dari sisi produk, tutupnya. (yap/rls).

Baca Juga
Penasumatera