Gubernur Jambi Hadiri Pra Forum Kapasitas Nasional SKK Migas di Palembang 

0 62
Palembang, Pena Sumatera –  Dihari kedua Pra Kegiatan Forum Kapasitas Nasional di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang digelar Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kerja Sama (KKKS) di Novotel Palembang, Rabu (6/7) turut dihadiri Gubernur Jambi, Al Haris.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan apresiasi kepada SKK Migas dan KKKS yang telah berkomitmen untuk terus meningkatkan nilai tambah bagi daerah, salah satunya menggerakkan sektor industri baik UMKM, koperasi  dan menciptakan nilai tambah dan penerimaan negara yang lebih besar.
“Saya sangat bangga hadir di sini melihat bahwa dari SKK Migas dan KKKS mereka punya visi luar biasa bagi Indonesia mengangkat UMKM Indonesia mereka sudah mencoba untuk P3DN sesuai arahan Presiden untuk mengangkat usaha lokal,”kata Al Haris.
Al Haris menyampaikan, UMKM khususnya di Provinsi Jambi masih banyak yang belum mendapatkan akses permodalan untuk mengembangkan dan memasarkan produknya.
“Kebanyakan produk kesulitan untuk branding, sehingga forum ini sangat penting untuk mempertemukan antara pelaku bisnis dengan calon mitranya dalam rangka menaikan produksi dalam negeri,”kata Al Haris.
Selain itu, Al Haris juga meminta SKK Migas dan KKKS untuk memikirkan langkah yang harus dilakkukan terkait masih banyaknya sumur tua yang tidak terkelola dengan baik bahkan ada sebagian yang dikelola secara ilegal.
“Di Sumbagsel ini ada hampir 8.000 sumur, di Jambi sekitar 3.000 an, bagaimana ini agar kita atur sehingga sumur-sumur ini produktif dan bisa memberikan sumbangsihnya untuk pembangunan daerah. Untuk itu saya mengajak berkolaborasi dan memikirkan langkah kongkrit,”jelasnya.
Sehingga dengan pengelolaan yang optimal, keberadaan sumur bor ini lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. “Saat ini kami sedang mencoba membuat petanya di daerah dan memang kami akan melanjutkan pertemuan dengan Menteri ESDM tujuannya lebih untuk mengkongkritkan sehingga sumur-sumur liar kita akomodir. Dan kita ingin ini ada satu kesatuan visi dengan KKKS dan SKK Migas agar terarah dan tak lagi liar,”tutupnya. (fie)
Baca Juga
Penasumatera