Harga Daging Ayam Melejit, Bulog Bengkulu Terkendala Biaya Potong RPU SK yang Mahal

Hauliantua : Kita siap untuk berdiskusi dan membahas mengenai mahalnya tarif pemotongan ayam

0 70

Bengkulu, Penasumatera.co.id – Naiknya harga daging ayam broiler (ayam potong) di pasar tradisional Kota Bengkulu termasuk telor, bukan hanya di Kota Bengkulu saja, di beberapa Kabupaten juga mengalami hal yang sama salah satunya Bengkulu Utara. Atas hal ini membuat Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Bengkulu, Dedi Sabetra melalui Kepala Divisi Humas, Bastian Hutahaean, Rabu (8/08) angkat bicara.

Dibenarkan Bastiana, harga daging ayam yang sebelumnya dibandrol perkilonya seharga 32 ribu dan harga telor di bandrol perkarpetnya 22 ribu. Tiba-tiba harga kebutuhan pokok yang biasa dikonsumsi masyarakat setiap hari, melejit naik menjadi 45 sampai 46 ribu perkilonya untuk daging ayam , sedangkan telor perkarpetnya menjadi 50 ribu rupiah.

Sementara di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, harga daging ayam perkilo Rp 50 ribu sedangkan harga telor bervariasi mulai dari 44, 45 sampai 47 ribu. Konsumen pun mengharapkan harga dapat kembali normal.

“Untuk menstabilkan kembali keharga standar, saat ini kami terkendala dengan mahalnya biaya pemotongan di Rumah Potong Unggas Skala Kecil (RPU SK) Kota Bengkulu, maka dari itu Bulog tidak bisa sendiri harus bergandengan tangan dengan Disperindag dan Peternakan, yang jelas Bulog siap membantu untuk menstabilkan harga daging ayam di pasaran”. Jelasnya.

Ditempat berbeda, Majestika Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Bengkulu, membenarkan harga daging ayam di Bengkulu mengalami kenaikan drastis.

“Untuk info terbaru, harga daging tahap demi tahap mengalami penurunan dari harga sebelumnya. Untuk sekarang harga ayam hidup 22 ribu sampai 29 ribu dan harga daging ayam turun menjadi 45 ribu. Namun harga telor belum normal. ” sampai Majestika

Lanjutnya, kami Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) hanya tangani soal pengawasan dan pembinaan. Kalau untuk mahalnya harga pemotongan di Rumah Potong Unggas Skala Kecil (RPU SK) silahkan klarifikasi ke Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Kota Bengkulu,” Tambah Kadis

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Kota Bengkulu melalui Hauliantua Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan di konfirmasi mengatakan pihaknya siap berdiskusi mengenai mahalnya tarif potong di RPU SK, secara detail dirinya menjelaskan untuk tarif mulai dari cabut bulu Rp 1. 500, cabut bulu dipotong kepala, kaki, keluarkan isi dalam (karkas) dikemas Rp 2. 000 dan isi dalam rampelo hati dibersihkan dan di kemas 2.500, kemasan dari RPU SK.

“Yang jelas masalah mahalnya tarif seperti yang disampaikan Bulog, jika pihak Bulog Bengkulu mengundang pihak Dinas Pertanian dan Peternakan dan pula pihak pengelola dari RPU SK, kita siap untuk berdiskusi dan membahas mengenai mahalnya tarif pemotongan ayam di Rumah Potong Unggas Skala Kecil,” Tutupnya. (yapp)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.