Hasil Putusan DKPP, Mobius Diberhentikan dari Jabatan Ketua KPU Empat Lawang

0 96

EMPAT LAWANG, Penasumatera.co.id – Terkait adanya pengaduan ke DKPP RI oleh Paslon nomor urut 1 melalui kuasa hukumnya melaporkan dugaan tidak Netral KPU Empat Lawang dugaan melakukan pelanggaran Kode Etik yang dilakukan oleh ketua KPU Empat Lawang,Ketua dan anggota PPK Kecamatan Pasemah Air Keruh serta Ketua dan anggota PPS Desa Kembaang Lama.

Dengan pengaduan Nomor 90/I-P/L-DKPP/2018 yang diregistrasi dengan perkara Nomor 119/DKPP-PKE-VII/2018 menjatuhkan Putusan dugaan pelanggaran kode etik yang diajukan oleh teradu Tim kampanye Endo Gusmawan dan ahmad husin dan memberikan kuasa kepada kuasa hukum Abdul Haris dan kawan kawan sebagai penggadu ke DKPP RI.

Hasil keputusan sidang DKPP RI pada Rabu (8/08) menjatuhkan saksi keras dan pemberentian tetap dari Jabatan Ketua kepada Mobius Alhazan selaku Ketua KPU kabupaten Empat Lawang terhitung sejak dibacakan hasil Putusan DKPP RI,sedangkan untuk anggota KPU Kabupaten Empat Lawang, Endang Sustrisni, Bili Farsah, Ali Alimin dan Ketua serta anggota PPK Pasemah air keruh dan Ketua dan anggota PPS Desa Kembang Lama diberikan sanksi peringatan Keras oleh DKPP RI.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang Mobius Alhazan selaku teradu membenarkan adanya hasil keputusan DKPP RI terkait pemberhentian dirinya dari jabatan Ketua KPU kabupaten Empat Lawang terhitung sejak pembacaan hasil keputusan DKPP RI hari ini Rabu (8/08/2018).

“Keputusan DKPP RI terhadap saya (ketua KPU Empat Lawang) karena dianggap tidak bisa berkoordinasi sesama Komisoner dan Adhod, hingga menyebabkan kurang informasi ke PPK dan PPS. Namun saya tetap menjabat sebagai Komisioner KPU Kabupaten Empat Lawang, ”tulis Mobius pada pesan singkat Whatsap nya saat dikonfirmasi,Rabu (8/08/2018)

Ditambahkan Mobius, Jadi saya bukan lagi sebagai Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, DKPP RI menilai saya tidak mampu memanagement lembaga hingga ada pandangan berbeda di level komisioner dan level adhod.

“Hingga melakukan kelalaian tidak mengundang paslon dalam Pleno DPS,” tuturnya.

Dikatakanya, Masa jabatan saya sebagai Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang masih sekitar 4 bulan lagi.

“Dalam waktu dekat kami segera Plenokan jabatan Ketua KPU kabupaten Empat Lawang pergantian Ketua KPU Empat Lawang  yang baru,”Katanya.

Terpisah Ketua Panitia Pengawas Pemilu kabupaten Empat Lawang Rudianto melalui anggota Panwaslu kabupaten Empat Lawang Martin Divisi Penindakan Panwas mengatakan dirinya hadir dalam persidangan DKPP RI siang tadi.

“Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang dianggap tidak cakap dalam memanagement lembaga tersebut,”kata Martin.

Dijelaskan Martin, setelah DKPP membacakan hasil putusan dan memberikan sanksi keras terhadap Ketua dan Anggota KPU kabupaten Empat Lawang harus melakukan Pleno memilih ketua yang baru.

“Ketua diberikan sanksi tidak lagi menjabat sebagai Ketua KPU Empat Lawang sedangkan untuk anggota KPU yang lain diberikan peringatan,”tukasnya (tok/bi).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.