Hingga Oktober 2021, Jasa Raharja Sumsel Sudah Salurkan Dana Santunan Kecelakaan Sebesar Rp38,6 Miliar 

0 267

Palembang, Pena Sumatera co.id –  PT  Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan saat ini terus berusaha memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Karena sebagai perpanjangan tangan negara selalu hadir memberikan perlindungan kepada masyarakat. Salah satunya memberikan santunan kecelakaan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas jalan.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan H. Abubakar Aljufri., S.E mengatakan, sampai dengan Oktober 2021 santunan yang sudah diberikan sebesar Rp 38,6  Milyar.

“Jumlah ini mengalami kenaikan 27% atau sebesar  Rp 8,3 Milyar dibandingkan bulan yang sama ditahun 2020 yaitu Rp 30,3 Miliar. Hal ini dikarenakan tahun kemarin dalam kondisi pandemi. Dan diharapkan tahun ini akan terus naik,”jelas Abubakar di sela sela Media Gathering bersama Rekan rekan media Palembang pada Senin (15/11).

Masih kata Abubakar lagi, saat ini santunan kecelakaan terbesar yang diberikan kepada masyarakat 70 persen untuk korban kecelakaan meninggal dunia kepada ahli waris masing masing sebesar Rp 50 juta, disusul untuk korban cacat tetap mendapatkan dana santunan maksimal Rp 50 juta dana santunan perawatan  maksimal Rp 20 juta, biaya penguburan atau pemakaman sebesar Rp4 juta. (jika tidak ada ahli waris), biaya P3K sebesar 1 jt serta biaya ambulance sebesar Rp. 500.000.

“Dana santunan ini kita berikan Jasa Raharja langsung lewat rekening Bank  tanpa ada potongan administrasi sama sekali dan diterima langsung oleh ahli waris yang sah,”tambahnya.

Dilanjutkan Abubakar, sampai saat ini pihaknya juga sudah bekerjasama dengan 65 Rumah Sakit (atau 97 %) yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera Selatan, sehingga pada saat terjadi kecelakaan lalulintas, korban lalulintas tidak diharuskan membayar dengan dana pribadi karena pembayaran santunan luka-luka sudah dilakukan secara overbooking kepada Pihak Rumah Sakit, sehingga tidak ada lagi pengajuan santunan yang diurus sendiri oleh Masyarakat.

“Tentunya hal ini dapat meringankan para korban yang mengalami kecelakaan yang juga merupakan layanan terbaik kita,”ungkapnya.

Tak hanya itu saja, kata Pak Abubakar, pihaknya juga berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik  kepada masyarakat Sumatera Selatan dengan percepatan penyelesaian santunan baik Meninggal Dunia maupun korban luka luka.

“Penyelesaian santunan meninggal dunia menjadi perhatian untuk dapat diselesaikan 1 x 24  Jam bila memungkinkan, dengan strategi pelaksanaan program jemput bola ke rumah keluarga korban kecelakaan, dengan harapan sudah tidak ada lagi keluarga korban kecelakaan yang datang ke kantor Jasa Raharja,” ucap H. Abubakar Aljufri.

Segala perbaikan pelayanan Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan terus diupayakan, diantaranya sistem cashless atau transfer langsung kepada ahli waris korban kecelakaan lalulintas  tanpa ada biaya ataupun potongan terhadap santunan yang diselesaikan.

Untuk menentukan ahli waris yang berhak menerima santunan, PT Jasa Raharja juga telah melakukan kerjasama dengan Dukcapil untuk memperoleh informasi kependudukan yang dapat diakses langsung untuk mengetahui data keluarga korban laka lantas.

Sementara pada kegiatan Media Gathering ini Abubakar berharap dapat meningkatkan sinergitas dan menjalin silaturahmi yang lebih baik lagi dengan rekan media. (fie)

 

 

Baca Juga
Penasumatera