Ikuti Manasik Haji, Ratusan Haji Cilik Lempar Jumrah

0 33

LAHAT, Penasumatera.co.id – Guna membekali pengetahuan sejak dini tentang Rukun Iman yang ke 5, Taman Kanak-kanak Madrasa Ibtidaiyah Negeri (TK MIN) Lahat melalui Departemen Agama (Depag), menggelar Manasik Haji di Gedung Aula SMA Madrasa Aliyah Negeri (MAN) Lahat. Sabtu (1/12/2018).

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 154 murid TK, MIN nampak antusian mengikuti arahan dari para pengajar mengikuti rangkaian prosesi Manasik Haji cilik.

Sementara Kepala RA Bunga Bangkawali Siti Aminaha, S.pd,i. Berharap semoga kelak di kemudian hari siswa-siswi yang mengikuti manasik haji pada hari ini dapat menunaikan ibadah itu secara nyata serta menjadi anak berahlak mulia.

“Melallui manasik haji anak-anak RA Bunga Bangkawali kita tumbuhkan nilai islami sejak usia dini kepada siswa-siswi menjadi anak indonesia yang berakhlakul karimah,” Harap Siti Aminah.

Senada Kakanmenag Lahat Drs, H. Rusidi Dja’far MM. Menyampaikan bahwa RA Bunga Bangkawali adalah yayasan dari Kementerian Agama, maka dari itu pihaknya berharap agar anak-anak dapat mengenal secara dini tentang rukun islam yang ke 5.

“Semoga dengan adanya Manasik Haji ini, anak-anak mengetahui lebih awal langkah-langkah menunaikan ibada haji, maka dari itu hari ini kita melaksanakan Manasik Haji,” Ujar Rusidi Jafar.

Lebih jauh Rusidi membeberkan bahwa dalam pembelajaran mengenai ibadah Manasik Haji memang akan lebih mudah ditangkap oleh anak-anak tidak hanya disampaikan dalam materi lisan, tetapi juga dibarengi praktek. Sehingga karakter religius anak akan semakin kuat karena mereka memiliki pengalaman menjalankan ibadah meski masih berupa simulasi,” Bebernya.

Dalam kegiatan Manasik Haji itu, panitia menciptakan nuansa layaknya di Tanah Suci. Termasuk membangun pos-pos ibadah, seperti pos Wukuf, pos Mina, pos Muzdalifah, pos Jumrah Ulla, pos Jumrah Wustho, pos Jumrah Aqabah dan pos Masjidil Haram. Di setiap pos, siswa siswi TK dipandu untuk melakukan rangkaian prosesi yang dilakukan saat menunaikan Ibadah Haji di Tanah Suci. (D0d).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.