Ini 4 Balon Direktur Polsri Bakal yang Akan “Adu Unggul” Visi, Misi dan Program Kerja Pada 12-17 September

0 80

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Empat (4) Bakal Calon (Balon) Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Periode 2020-2024, dijadwalkan akan Menyampaikan Visi, Misi dan Program Kerja jika terpilih sebagai Direktur Polsri 4 Tahun ke Depan di hadapan Senat Polsri dan pejabat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tanggal 12  – 17 September 2019 mendatang.

Menariknya dari Empat Balon Direktur Polsri yang akan “Adu Unggul” Visi, Misi dan Program Kerja nanti, terdapat Dua Balon yang berasal dari Jurusan Teknik Elektro, yakni; Ir. A Rahman, MT dan Dr Ing Ahmad Taqwa, MT, sementara Dua Balon lainnya yakni Ir. Sairul Efendi, MT dari Jurusan Teknik Mesin dan Drs. Zakaria, M.Pd dari Jurusan Bahasa Inggris.

Terjaringnya Empat balon ini setelah melalui sejumlah tahapan yang cukup panjang, dari Tahap Penjaringan Bakal Calon (Balon) yang prosesnya telah dilaksanakan dari tanggal 12 Agustus 2019 hingga 3 September 2019 lalu.

Hingga pada tahap akhir penjaringan terdapat 20 nama yang diusulkan menjadi Bakal Calon (Balon) yang semuanya berasal dari Dosen Polsri dan tidak terdapat calon dari luar Polsri.

Selanjutnya, dari 20 nama tersebut, ternyata hanya Empat Balon yang mengembalikan Formulir dan Persyaratan Balon Direktur Polsri.

Setelah dilakukan verifikasi oleh Panitia Pemilihan Direktur Polsri terhadap Dokumen dan Persyaratan, semuanya dinyatakan memenuhi persyaratan. Selanjutnya, pada tanggal 5 September 2019 dilakukan Rapat Senat Tertutup yang berhasil menetapkan Empat Bakal Calon, yaitu; Ir. SairulEfendi, MT (Jurusan Teknik Mesin), Drs. Zakaria, M.Pd. (Jurusan Bahasa Inggris), Ir. A. Rahman, MT (Jurusan Teknik Elektro) dan Dr. Ing. Ahmad Taqwa, MT (Jurusan Teknik Elektro).

Dr. Ing Ahmad Taqwa
Ir. A. Rahman M.T
Ir Sairul Efendi M.T
Drs. Zakaria M.Pd

Pemilihan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya periode 2020-2024 ini diatur dalam Permendikbud No 54 Tahun 2011 pasal 24 ayat 2 tentang Masa Jabatan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya Adalah Selama 4 (Empat) Tahun.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pelaksana Dicky Septianto didampingi Wakil Ketua Drs A Fuad, Sekretaris Hetty Maileni dan Humas Edi Aswan saat menggelar konferensi pers di Gedung Aula Politeknik Negeri Sriwijaya, beberapa waktu lalu.

“Dengan berakhirnya Masa Jabatan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya Periode 2016-2020, maka Senat Polsri mengadakan pemilihan sesuai Peraturan Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Dicky menjelaskan, tahap penjaringan bakal calon Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya dilaksanakan paling lambat 5 (lima) bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sedang menjabat.

Menyikapi keberlakuan hukum secara waktu, Senat Politeknik Negeri Sriwijaya telah menetapkan Peraturan Senat Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemilihan. Dan untuk pelaksanaan kegiatan, panitia telah membentuk Pemilihan Direktur dengan ketetapan Senat.

“Ada empat tahapan dalam pemilihan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya yakni, Tahap Penjaringan Bakal Calon, Penyaringan Calon, Pemilihan Calon dan Tahap Penetapan dan Pengangkatan,” terang Dicky.

Lebih lanjut Dicky memaparkan, bahwa hasil dari Penjaringan dan Tahap Penyaringan ditetapkan melalui rapat senat secara Tertutup. Pada tahap pemilihan yang memiliki hak suara adalah Anggota Senat dan Menteri dengan komposisi hak suara Senat 65 persen, dan Menteri sebesar 35 persen dari total suara.

“Ada 36 anggota senat dan 19 orang dari Menteri yang bakal menentukan siapa bakal calon terpilih Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya periode 2020 – 2024,” tuturnya.

Sementara, Persyaratan Balon Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya harus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki pengalaman sebagai dosen dengan jenjang akademik, Berusia batas umur 60 tahun, Pengalaman manajerial paling rendah sebagai Ketua Jurusan atau 2 (dua) tahun di Perguruan Tinggi dan lainnya.

“Ada 14 Point Persyaratan yang harus dimiliki oleh para Calon Direktur dan 16 Dokumen Pendaftaran untuk dilengkapi oleh para calon Direktur Polsri yang segala sesuatu diputuskan dalam Senat,” pungkasnya. (Yulie)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera