Insiden Kebakaran Nyaris Hanguskan SMA Xaverius Lubuklinggau

0 122

LUBUKLINGGAU, Penasumatera.co.id – Insiden Kebakaran yang menghanguskan sejumlah ruangan di lantai dua SMA Xaverius Kota Lubuklinggau. Jumat (13/7/2018), nyaris hangus diantaranya ruangan perpustakaan, laboratorium Bahasa Indonesia, ruangan Osis serta ruang kelas X IPA 1, 2 serta ruang kelas X IPS 1 di SMA Xaverius yang terletak di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Meski tidak ada korban jiwa, namun insiden Kebakaran di SMU Xaverius ditaksir kerugian material ditaksir Rp1 miliar. Amukan si jago merah yang belum diketahui secara jelas, saksi mata, Yansari sekaligus Lurah Siderejo mengatakan, secara tiba-tiba ia melihat asap mengepul di bagian atap, dan kemudian bersama warga sekitar mendekat lokasi dan ternyata ruangan SMA Xaverius terbakar. “Saat aku lihat asap langsung ke sini, ternyata ruangan SMA Xaverius yang terbakar,” katanya.

Beberapa menit kemudian, petugas pemadam kebakaran memadamkan api hingga menurunkan petugas damkar dan lebih kurang tiga mobil damkar diturunkan untuk memadamkan api. Di lokasi kebakaran nampak warga sengaja datang dijadikan tontonan.

Warga bahkan ada juga yang mengabadikan melalui kamera handphone sekedar mengambil foto dan video. Selain itu nampak juga seorang warga yang bagian tangan kanannya terluka akibat pecahan kaca.

Danton Damkar Kota Lubuklinggau Syehwanto mengatakan, guna memadamkan api sedikitnya ada enam armada dan 80 petugas damkar diturunkan. “Kami dapat kabar sekitar pukul 14.30, anggota langsung terjun ke lokasi melibatkan petugas di empat pos,” kata Syehwanto.

Dijelaskannya, sekitar pukul 15.30 api sudah bisa dipadamkan oleh petugas, hanya saja selanjutnya petugas melakukan penyemprotan air agar api tidak kembali membesar dan menyambar ruangan lainnya.”Tapi alhamdulillah tidak ada korban jiwa saat kejadian,” singkatnya.

Sementara itu, akibat kebakaran terjadi di SMA Xaverius Lubuklinggau diduga pihak sekolah mengalami kerugian sekitar Rp 1 miliar “Banyak barang-barang terbakar ditambah dengan bangunan yang juga ikut terbakar,” kata Widodo, Kepala Sekolah SMA Xaverius kepada wartawan.

Widodo menjelaskan, adapun kerugian barang-barang k‎erugian terbakar diantaranya buku perpustakaan dengan ribuan judul kemudian alat praktikum yang disimpan diruangan osis serta ruangan dan bangunan.

Disinggung bagaimana kegiatan kegiatan belajar mengajar nanti “Aktifitas belajar mengajar pada Senin mendatang masih tetap dilaksanakan, karena masih ada ruangan yang bisa digunakan,” pungkasnya. (do)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.