Jasa Raharja Rangkul Koperasi ATSI, Beri Kepastian Jaminan Penumpang Otobus

0 26

Palembang, Pena Sumatera – Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan Abdul Haris didampingi Kasubag Iuran Wajib Unggul Yoga Saputra  melakukan kunjungan ke  Koperasi ATSI (Angkutan dan Transportasi Indonesia) di kota Palembang dalam rangka  silaturahmi sekaligus optimalisasi sektor pendapatan DPWKP (Dana Pertanggungan Wajib Kendaraan Penumpang) atau yang sering dikenal dengan Iuran Wajib. ATSI itu sendiri merupakan gabungan dari para pemilik bus perorangan yang terhimpun dalam suata wadah Koperasi yang dibentuk oleh DPC ORGANDA Kota Palembang.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan, Abdul Haris menyampaikan bahwa Jasa Raharja selalu bersinergi dan menjalin hubungan harmonis dengan Perusahaan Otobus di wilayah kerja Cabang Sumatera Selatan salah satunya melalui kegiatan Door To Door dan CRM  (Customer Relationship Management). Kegiatan ini dilakukan secara berkala oleh Insan Jasa Raharja guna koordinasi sekaligus melakukan pengecekan bukti pelunasan asuransi penumpang dan bilamana telah berakhir maka dilakukan penagihan Iuran Wajib atas kendaraan perusahaan otobus tersebut. Dalam kesempatan ini juga Kepala Cabang  meninjau langsung keberadaan bus-bus yang tergabung dengan Koperasi ATSI, yang mayoritas Angkutan Dalam Propinsi dengan trayek Palembang – Indralaya. Bus ini menjadi moda transportasi mahasiwa UNSRI yang melakukan perkuliahan di Indralaya, Ogan Ilir. Mengingat perkiliahan masih dilakukan secara online, sehingga kendaraan bus belum beroperasi secara penuh.

Koperasi ATSI dalam membayar Iuran Wajib melakukan pembayaran melalui Aplikasi JRku sesuai dengan tarif borongan/bulanan yang di tetapkan sesuai kesepakatan bersama antara Jasa Raharja dengan DPD Organda Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan seat /kursi dan trayeknya. Aplikasi JRku dapat di download melalui APPStore dan Play Store. Aplikasi ini disamping memudahkan melakukan pembayaran Iuran Wajib juga dapat menjadi pengingat masa berlaku STNK, laporan kecelakaan, informasi kecelaan, dan informasi lainnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Jasa Raharja memberikan perlindungan dasar  asuransi bagi setiap Penumpang angkutan kendaraan bermotor umum yang mengalami kecelakaan, dananya dihimpun dari pembayaran ongkos angkutan/tiket perjalanan para penumpan yg tentunya sudah termasuk Iuran Wajib / DPWKP. Selanjutnya oleh pemilik/pengusaha angkutan dana tersebut disetorkan kepada  Jasa Raharja setiap bulannya. Jasa Raharja sangat mengapresiasi kepada perusahaan otobus yang secara konsisten melakukan kewajibannya dalam pembayaran Iuran Wajib guna memberikan  perlindungi perjalanan bagi para penumpang.

Seiring dengan semakin landainya kasus covid-19 di wilayah Sumatera Selatan, Haris meneruskan harapan para pemilik kendaraan kiranya perkiliahan di UNSRI kampus Indralaya sudah dapat dilakukan secara tatap muka, sehingga keberadaan angkutan bus ATSI tersebut dapat beroperasi normal kembali.(fie)

Baca Juga
Penasumatera