Jelang RAFI 2023, Telkomsel Upgrading Infrastruktur Jaringan
Batam, Pena Sumatera – Jelang Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2023, Telkomsel memastikan kesiapan infrastruktur jaringan.
” Kami melakukan upgrading kapasitas. Sehingga lonjakan trafik mendekati puasa dan lebaran tertangani,” kata
Vice President Area Network Operations Sumatera Wahyudi C Purnama, Rabu 15 Maret 2023.
Optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar. Hal ini meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register).
Untuk kapasitas VLR di tahun ini khusus di wilayah Sumatera ditingkatkan menjadi 82 juta.
Sedangkan HLR Sumatera sebesar 89,7 juta subscribers.
Kapasitas SMS yang disiapkan sudah terpusat (nasional) 25 ribu/detik dengan kapasitas volume trafik 1.23 juta simultaneous call .
Untuk kapasitas layanan data, jaringan Telkomsel telah memiliki lebih dari 34.500 ribu BTS (Base Transceiver Station), baik 2G dan 4G dimana sebanyak lebih dari 50% diantaranya merupakan BTS 4G (eNode-B), yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 3.22 Tb (Tera bit per second).
Sementara itu Vice President Consumer Sales Area Sumatera Mulya Budiman menyatakan Telkomsel mengidentifikasi sebanyak 156 titik layanan PREMIUM.
Terdiri dari 6 Posko Utama dan 30 Posko layanan Digital, Untuk Posko utama meliputi Posko bandara, Jalur Mudik, mall tempat wisata dan pusat keramaian.
Nah di wilayah Sumatera Telkomsel membangun 45 BTS baru serta menyiagakan 8 unit COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.
Pelayanan pelanggan Telkomsel menjadi lebih maksimal dimana di titik-titik tersebut Telkomsel akan berupaya untuk memaksimalkan layanan yang diberikan, khususnya layanan data. Hal ini tentunya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi seluruh pelanggan pada momen Ramadhan dan Idul Fitri khususnya bagi pemudik di wilayah Sumatera.
Budiman mengatakan Telkomsel pun siap dengan layanan siaga dengan menggelar 12 GraPARI di wilayah Sumatera dan Call Center dengan pelayanan 24 jam 7 hari seminggu, serta pelayanan di channel digital baik akun Facebook atau Twitter.
Telkomsel melakukan pemantauan terpusat 24 jam untuk trafik pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat selama masa puncak RAFI 2023.
Telkomsel juga telah melakukan ‘Network Drive Test’ atau uji coba jaringan diwilayah Sumatera sepanjang 1300 km mengingat Sumatera merupakan tempat tujuan kedatangan pemudik selama masa lebaran .
Drive Test di berbagai jalur mudik utama di Sumatera yang meliputi jalur darat yang merupakan jalur mudik dan berbagai lokasi wisata untuk memastikan pelanggan agar dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di momen ramadhan dan idul fitri.(fie)