Kebut Pencairan, Agus Haryanto Minta Kades Percepat Usulan

0 79

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id Dr. Agus Haryanto, SE, MM Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, meminta para Kepala Desa (Kades) di Bengkulu Utara agar secepatnya mengajukan usulan pencairan tahap II Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Agus sapaan akrab Kaban BPKAD ini mengatakan dana untuk pencairan 100% sudah siap di Kasda.

“Saat ini pihak kita masih menunggu para Kepala Desa (Kades) mengajukan usulan jika semua yang kita minta sudah rampung dan kita cek ok, baru dana kita transfer ke Desa,” ujar Agus kepada Penasumatera, Selasa (17/07/2018).

Ditambahkannya, jangan sampai ada keterlambatan, apabila pencairan DD tahap II ini menggalami keterlambatan, akan berimbas pada keterlambatan pembangunan Desa.

“Adapun syarat untuk mengajukan usulan pencairan DD dan ADD tahap II Kades diminta untuk melampirkan bukti realisasi DD tahap I (SPJ). Nantinya bukti ini akan menjadi acuan syarat mutlak dalam pencairan tahap II, Untuk sekarang, ada beberapa Kepala Desa di Kabupaten Bengkulu Utara yang telah menerima pencairan.Terakhir itu kemarin, untuk data penerima dana sudah hampir dua ratus Kepala Desa dan ada beberapa Desa yang memang sudah memasukan berkasnya akan tetapi masih dalam proses pengecekan,” ” Jelas Agus.

Lanjut, ia mengatakan untuk sisanya masih ada ratusan Desa lagi yang belum sama sekali mengajukan usulan. Kami juga menghimbau, terlebih dahulu kepada para Kades agar segera mengurus pengusulan (rekomendasi) ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bengkulu Utara

Ditanya kapan terakhir memasukan usulan untuk pencairan tahap II tersebut, dirinya mengatakan pemasukan berkas terakhir dalam bulan Juli ini.

“Jika ada Kades yang tak kunjung mengusulkan ‘ya’ terpaksa pencairan kita tunda. Jadi kami mohon jangan lah bertele-tele, yang jelas lebih cepat lebih baik. Untuk pencairan nantinya kami meminta para Kades harus siap untuk memproses pencairan apabila syarat-syaratnya rampung,” Tutup Agus. (yapp)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.