Kembangkan Program Swadaya, Gojek Rangkul Keluarga Mitra Untuk Lebih Berdaya dan Produktif

0 54
Palembang, Pena Sumatera Co.id – Gojek menggelar program Swadaya yang berisi kegiatan pelatihan kewirausahaan dan kelas memasak yang ditujukan bagi para istri mitra driver GoRide dan GoCar. Program ini merupakan suatu langkah awal yang dikembangkan Gojek untuk terus meningkatkan keberlangsungan pendapatan mitra dan keluarganya melalui ekosistem Gojek. Di wilayah Sumatera bagian Selatan, program ini akan dilaksanakan serempak di Palembang, Lampung, dan Batam.

Keikutsertaan istri mitra dalam kegiatan ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mereka dalam mengembangkan institusi berwirausaha yang dilengkapi dengan kemampuan pendukung yang memadai. Apalagi keberadaan sektor kuliner telah menjadi bagian penting bagi masyarakat Indonesia, tak terkecuali ekosistem Gojek yang melalui GoFood telah membuktikan usaha kuliner sangat menjanjikan dalam hal pendapatan. Khusus di Palembang, komitmen Gojek melalui program Swadaya ini juga sejalan dengan program Palembang Kota Wisata Kuliner & Ramah Lingkungan.
Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Bapak Isnaini Madani, “Sektor kuliner telah berkembang sedemikian pesat dan telah mengambil posisi strategis dalam perkembangan pariwisata. Lebih jauh lagi, pertumbuhan yang pesat ini juga menjadi peluang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peluang usaha yang dirintis dengan mengandalkan keuletan dan keterampilan berwirausaha. Jadi, apa yang tengah dilakukan Gojek saat ini melalui program Swadaya, sudah sesuai dengan roadmap yang telah disiapkan Pemerintah Kota Palembang. Kami berharap, komitmen Gojek juga bisa terus dijaga dan dijalankan dengan variasi-variasi yang menyegarkan, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada kota Palembang dan tak ketinggalan mitra driver Gojek itu sendiri”.
Harapan Pemerintah Kota Palembang  terhadap program Swadaya Gojek kiranya tak berlebihan. Sebagai bahan acuan, menurut hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menyatakan ada dampak positif dari teknologi Gojek yang langsung terlihat pada performa bisnis partner UMKM GoFood. Hal ini tercermin dari bagaimana 72% responden UMKM mengalami kenaikan klasifikasi omzet setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen partner (GoBiz); dan 93% responden UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah mereka menggunakan aplikasi GoBiz.

Vice President Gojek wilayah Sumbagsel, Erika Agustine mengatakan, “Sebagai super-app pilihan utama masyarakat Indonesia, Gojek terus memberikan solusi bagi semua pihak yang ada di dalam ekosistemnya untuk hidup lebih baik. Fokus kami pada kesejahteraan mitra tidak hanya terbatas pada inovasi yang kami lakukan pada platform kami. Kami percaya bahwa keluarga mitra memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan cara menambah wawasan kewirausahaan dan juga keterampilan memasak, maka dari itu kami meluncurkan program Swadaya Gojek.”

Erika juga menjelaskan, bahwa setelah menjalani pelatihan, Gojek juga langsung mendaftarkan para istri mitra ke dalam ekosistem GoFood dan GoPay. Kegiatan pelatihan memasak dan kewirausahaan tahap pertama di Palembang dimulai pada tanggal 17 Januari 2019.  Sementara beberapa hal yang menjadi keunggulan dari program Swadaya diantaranya adalah, kapasitas pengajar. Termasuk diantaranya top merchant GoFood yang telah terbukti sukses menjalankan usaha kulinernya.

“Selain memberikan pelatihan dan memonitor perkembangan usaha para istri mitra selama tiga bulan, Gojek juga turut aktif mendukung dengan memberikan modal awal, pendampingan selama tiga bulan, hingga membuatkan promo banner dalam aplikasi GoFood,” tambah Erika.

Erika juga menambahkan, Gojek berharap dengan mengikutsertakan usaha kuliner para istri mitra dalam ekosistem GoFood adalah teknologi kami bisa membantu mereka dalam lingkup mengembangkan skala bisnisnya. “Tren positif ini terlihat dari para partner usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergabung dengan GoFood secara nasional termasuk di Palembang rata-rata mengalami peningkatan omzet 3,5 kali lipat sejak mereka bergabung,” jelasnya.

Pelatihan Bahasa Inggris dan Karate Bagi Anak Mitra

Selain program pelatihan kewirausahaan, Gojek juga percaya bahwa kesejahteraan dapat terbantu bila mendapatkan akses ilmu pengetahuan. Oleh karena hal tersebut Gojek juga memberikan kursus Bahasa Inggris dan Karate untuk anak-anak mitra GoRide dan GoCar dalam program Swadaya ini.

Untuk memberikan hasil yang maksimal Gojek menggandeng pihak yang dengan kapasitas yag mumpuni untuk memberikan materi pelatihan, yaitu Lembaga Bahasa Inggris ELTI Gramedia dan Kushin Ryu Karatedo Indonesia Palembang.

“Dengan memberi kemudahan bagi anak mitra driver untuk mendapatkan keterampilan tambahan, kami berharap dapat meringankan beban keluarga mitra dan juga membuka pintu silaturahim di antara keluarga mitra driver yang selama ini telah dikenal guyub dan solid oleh masyarakat luas,” pungkas Erika. (Ofie)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera