Klinik Blastula IVF RS Siloam Sriwijaya Palembang Rayakan Kelahiran Bayi Tabung ke 100 Melalui Program IVF

0 82

Palembang, Pena Sumatera -RS Siloam Sriwijaya Palembang melalui klinik Blastula IVF merayakan kelahiran bayi tabung ke-100, Kamis (22/9/2022). Lahir di pukul 13.50 WiB, bayi tabung ke-100 ini berjenis kelamin perempuan, lahir dengan berat 3.058 gram.

Direktur RS Siloam Sriwijaya Palembang, dr Bona Fernando mengungkapkan, kelahiran bayi tabung ke-100 ini merupakan moment spesial untuk health care Palembang. Dimana Palembang bisa mempunyai “Pabrik Bayi Sendiri”.

“BlastulaIVF membantu mewujudkan keinginan pasangan suami istri untuk memiliki buah hati tapi mengalami masalah infertilitas. Sebelum adanya klinik BlastulaIVF ini, masyarakat yang menginginkan momongan harus ke pulau Jawa atau bahkan keluar negeri untuk bisa mengikuti program bayi tabung ini” ungkapnya saat menggelar syukuran kelahiran bayi tabung ke-100 di auditorium RS Siloam.

Ia mengatakan, Blastula IVF merupakan pusat fertilitas pertama di Sumatera Selatan dan pertama di jaringan Siloam Hospitals yang mulai beroperasi pada Mei 2021. Hingga kini, Blastula IVF telah
menghasilkan lebih dari 250 kehamilan.
Karena itu, RS Siloam Sriwijaya Palembang tidak berhenti dengan kesuksesan klinik Blastula IVF karena inovasi selalu menjadi inti dari Siloam Hospitals.

Pihaknya pun akan meluncurkan program NEST yang merupakan program komprehensif yang mencakup seluruh perjalanan kehamilan mulai dari perawatan antenatal termasuk rekomendasi nutrisi, penilaian ibu dan janin, tindakan pencegahan, intervensi untuk gejala fisiologis umum, pengalaman persalinan kelas satu yang mencakup makan malam perayaan untuk pasangan suami istri, serta perawatan pasca persalinan.

“Kami akan meluncurkan program NEST dalam waktu dekat untuk melengkapi pusat fertilitas kami. Ke depannya, kami berharap untuk bisa menjadi salah satu klinik IVF terbaik di Asia Tenggara,” katanya.

Sementara itu, Kepala Klinik Blastula IVF RS Siloam Sriwijaya Palembang dr. M.Airul Chakra Alibasya,Sp.OG – KFER, MIGS mengatakan, pihaknya berkomitmen ingin membantu banyak keluarga yang ingin mendapatkan keturunan.
” Bukti komitmen saya dengan dr, Bona, kita ingin membuat bayi tabung standar internasional di Kota Palembang, Sumsel,” ujarnya.

Menurutnya, cita – cita  ini berjalan on the track dari sejak awal 2021, dalam waktu 11 bulan sampai bayi ke- 100 ini adalah pencapaian luar biasa di tahun 2022 klinik Blastula IVF, bisa mencapai  angka bayi tabung tertinggi di antara bayi tabung di indonesia yakni 51 persen.

Klinik ini memiliki tim yang terdiri dari tujuh spesialis kesuburan dan perawat yang dengan penuh semangat membantu mewujudkan impian banyak keluarga. Peralatan serta laboratorium fertilitas modern dan berstandar tinggi juga dihadirkan untuk memastikan kualitas program IVF.

“Kami bangga bahwa klinik kami, meskipun masih berusia sangat muda, telah menjadi rujukan nasional dan membantu banyak keluarga,” ujarnya yang juga merupakan Ketua Himpunan Endokrinologi Reproduksi dan Fertilitas Indonesia (HIFERI) cabang Sumatera Selatan.

Sementara itu, orangtua bayi tabung ke-100 Yeni dan Ade menuturkan, mereka sangat berterima kasih dengan RS Siloam Sriwijaya Palembang yang sudah membantu mereka mendapatkan keturunan yang sudah lama mereka nantikan.

“ Sudah tujuh tahun berikhtiar untuk mendapatkan keturunan, sudah segala macam upaya dilakukan dan akhirnya Istri melihat di Medsos bahwa RS Siloam memiliki klinik bayi  tabung karena itu kami pun berikhtiar disini,” ujar Ade.

Senada di sampaikan ibu dari bayi tabung ke-100 yang diberi nama Andara Putri Pramanja, Yeni menuturkan, mereka memulai bayi tabung pada November 2021 namun pada program pertama gagal. Dan di coba lagi pada Januari dengan dimasukkan dua embrio dan ternyata hanya satu yang sukses.

‘Alhamdillilah tidak ada keluhan dan sangat bahagia sekali akhirnya penantian 7 tahun berbuah baik diberi kesempatan memiliki putri cantik,” tutup Yeni sambil terus tersenyum.(fie)

Baca Juga
Penasumatera