Laporan Masyarakat Akan Lebih Baik Jika Didukung Data dan Fakta

0 38

MUARA ENIM, Penasumatera.co.id – Masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan pembangunan yang ada di wilayahnya dan berhak pula memberikan laporan yang benar menyangkut pekerjaan yang bersumber dari keuangan negara.

Ini yang disampaikan oleh Kepala Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim melalui sekretarisnya Khairudin di depan peserta kegiatan penyebarluasan informasi training sosial audit yang berlangsung di aula Kantor Camat Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim (5/12/18)

Ditegaskannya bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pembinaan dan  Pengawasan Penyelenggara Pemerintah Daerah di mana dalam.pasal 22 masyarakat dapat menyampaikan laporan ke APIP atau aparat penegak hukum secara tertulis yang didukung dengan data dan fakta yang lengkap termasuk identitas pelapor..

“Untuk itu pula melalui kegiatan ini,  peserta atau perwakilan desa dapat berdiskusi langsung dengan para narasumber yang kita siapkan diantaranya dari Inspektorat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. serta dari Diskominfo kabupaten Muara Enim sehingga dapat menambah wawasan dan ikut.memberikan informasi yang benar di tengah masyarakat.” ujar Khairudin.

Menyikapi adanya kemudahan penyampaian laporan berbasis online, Khairudin menjelaskan, saat ini Kabupaten Muara Enim sudah meluncur smart city yang sudah di launching oleh bupati Muara Enim sebulan lalu dimana diskominfo akan menyerap seluruh Laporan masyarakat dari berbagai aplikasi diantaranya aplikasi mancing atau Muara Enim centre.

“Dalam aplikasi ini masyarakat secara umum bisa menyampaikan berbagai jenis laporan termasuk didalamnya terdapat beberapa fitur baik itu wisata, budaya, kuliner dan lain sebagainya dengan tujuan mengajak masyarakat menjadi lebih cerdas,” tendasnya.(jazzi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.