Mall Diperbolehkan Buka Meski  Palembang Masih PPKM Level 4

0 442
Palembang, Pena Sumatera co.id – Terhitung pada Rabu mulai 25 Agustus 2021, Mall mall yang ada dikota Palembang sudah buka kembali. Walaupun jam buka mall tetap dibatasi dan tentu saja dengan prokes ketat.
Manager Marketing Palembang Indah Mall (PIM) Ongky Prastianto saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. “Iyah mbak mulai hari ini mall buka mulai pukul 10.00 wib sampai pukul 20.00 wib dengan prokes ketat,”katanya.
Masih kata Ongky, dengan sudah dibolehkannya mall buka otomatis tenant tenant yang ada di PIM akan beroperasional seperti semula.
“Khusus untuk pengunjung mall akan kita batasi hanya 50 persen saja. Pengunjung juga sudah dibolehkan makan ditempat. Meski begitu kita tetap melakukan prokes ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,”tambahnya.
Saat disinggung apakah pengunjung diwajibkan harus membawa kartu vaksin seperti mall mall diibukota, Ongky enggan berkomentar banyak.
Hal yang sama juga diungkapkan Marcom Palembang Icon Mall Edo saat dikonfirmasi via whatapps (wa). Edo mengakui juga mall sudah mulai buka mulai Rabu (25/8) pukul 10.00 wib sampai pukul 20.00 wib.
Saat ditanya lebih lanjut, Edo mengatakan pembukaan mall ini mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri ( Insmendagri) no.36 tahun 2021.
“Mohon maaf ya mbak sebelumnya,  untuk beritanya dibuat sesuai SE Inmendagri saja ya,”kata Edo sambil mengirimkan salinan isi Instruksi Mendagri No 36 tahun 2021.
Adapun isi SE Inmendagri tersebut isinya antara lain mengenai : e.Pelaksanaan kegiatan makan/minum ditempat umum seperti :

1) warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, handsanitizer, yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemerintah Daerah; dan
2) restoran/rumah makan dan kafe dengan skala kecil, sedang atau besar baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall dapat melayani makan ditempat/dine in dan dibatasi jam operasional sampai dengan Pukul 20.00 waktu setempat, dengan kapasitas pengunjung 25% (dua puluh lima persen), 2 (dua) orang per meja dan menerima makan dibawa pulang/delivery/take away dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat,
f. kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan diizinkan beroperasi 50% (lima puluh persen) dengan jam operasional dari Pukul 10.00 waktu setempat sampai dengan Pukul 20.00 waktu setempat dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi atau penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah Daerah.

Saat ditanya pertanyaan lainnya, Edo tak membalas lagi wa tersebut.
Hal yang sama juga dilakukan Marcom Palembang Square Mall Intan saat dikonfirmasi mengenai pembukaan mall. Hanya mengirim isi Inmendagri yang sama dikirimkan Marcom Picon Mall.
Sementara itu pantauan mata Pena Sumatera di Palembang Icon Mall tenant tenant sudah mulai buka seperti dilantai dasar mulai gerai the Bodyshop, Toko sepatu Charles N Keith rata rata sudah buka. Begitu juga dilantai 2 n lantai 3 yang banyak toko pakaian sudah mulai beroperasional.
Untuk tempat makan dan minuman sudah ada beberapa orang yang makan dan minum di tempat. Meskipun mall sudah buka tetapi pengunjung tak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin hanya cek suhu dan dibolehkan masuk mall. Begitupun pengunjung yang datang ke mall belum terlalu ramai hanya ada beberapa orang saja.
Sementara itu meski mall sudah dibolehkan buka, kota Palembang tetap memperpanjang PPKM level 4 hingga 6 September 2021 mendatang.
Seperti diberitakan sebelumnya, Mall mall besar dikota Palembang tutup semua karena pemberlakuan Pembatasan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Hanya essensial sektor seperti supermarket, apotik dan gerai makanan saja yang dibolehkan buka untuk take away.
Sementara Walikota Palembang, Harnojoyo berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga tanggal 6 September 2021 mendatang.
Kepastian tersebut diucapkan Walikota Palembang, H. Harnojoyo.  “Ya, hari ini pembaruan PPKM sudah kita teken ,” kata Harnojoyo usai melakukan rapat di Jalan Tasik Rumah Dinas, Selasa (24/8).
Meski demikian, selepas dari status merah Kota Palembang menjadi orange, Pemerintah Kota Palembang juga akan melakukan pelonggaran guna mendongkrak kembali pertumbuhan ekonomi dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan.“Kita lakukan pelonggaran seperti mal boleh dibuka, dengan kapasitas 50% dan harus menerapkan protokol kesehatan,” ujar Harno.
Adapun operasional mall,  Harnojoyo mengatakan mall diperbolehkan buka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00. WIB. “Batas dibuka jam 10 sampe jam 8 malam,”ujarnya lagi
Sementara terkait kebijakan pihak mall di kota Palembang yang membuat aturan menggunakan sistem peduli lindungi yang mewajibkan pengunjung telah melaksanakan vaksin yang diizinkan masuk, Harnojoyo menyampaikan tidak ada aturan wajib yang diberikan oleh Pemkot Palembang, namun yang terpenting adalah bagi para pengunjung tetap patuh protokol kesehatan. “Ada dua pilihan tetap mematuhi protokol kesehatan tapi kalau pihak mall.ingin menerapkan itu juga tidak ada larangan,” terangnya.
Dalam penerapan PPKM level 4 selama dua pekan ke depan, Pemkot Palembang juga memberikan toleransi kegiatan resepsi pernikahan dapat dilangsungkan sedangkan untuk tamu undangan hanya diberikan izin 25 persen dari kapasitas gedung. “Untuk acara resepsi sudah boleh 25 persen dari kapasitas gedung selain itu harus tetap protokol kesehatan,” katanya. (fie)
Baca Juga
Penasumatera