Meningkatkan Soft Skill Di Tengah Pandemi, Siapa Takut?

0 41

Jakarta, Pena Sumatera co.id  – Soft skill semakin banyak dibutuhkan di dunia kerja. Tidak sedikit lowongan kerja yang mencantumkan soft skill tertentu sebagai salah satu kriteria yang dicari oleh perusahaan. Soft skill tentunya dapat terus dikembangkan seiring dengan bertambahnya waktu, pengalaman, dan keinginan diri untuk terus mengasah keterampilan tertentu. Keterampilan tersebut melingkupi kreativitas, kemampuan berkomunikasi, kemampuan untuk berpikir kritis, dan lain sebagainya.

Meskipun saat ini kita berada di tengah pandemi Covid-19, kita justru jangan terlena dan perlu semangat mengembangkan soft skill yang semakin dicari di dunia kerja, ya. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan meski pandemi terasa membatasi ruang gerak kita. Apa saja caranya? Simak informasi berikut ini!

  1. Asah Keterampilan Adaptasi dan Disiplin dengan Menerapkan 3M 

Di tengah wabah Covid-19 yang melanda ini, tentunya kita harus menaati protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah untuk melindungi diri dengan cara 3M (Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Dengan menaati protokol kesehatan tersebut, kamu sudah melatih kemampuan beradaptasi dan sikap disiplin.  Dua kemampuan tersebut sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Kemampuan untuk beradaptasi di dalam lingkungan pekerjaan dibutuhkan karena perubahan merupakan sesuatu yang tak terelakkan, terutama di lingkungan kerja. Bila kamu adaptif, maka efektivitas dan produktivitas kerja kamu juga akan semakin meningkat. Selain itu, sikap disiplin juga diperlukan supaya kamu memiliki fondasi yang kuat untuk melakukan segala sesuatu secara teratur, tepat waktu dan tidak mudah menyerah.

  1. Bangun Kebiasaan Bekerja Sama Di dalam Tim Dengan Membantu Membersihkan Rumah Bersama Saudara

Saat ini waktu kita pasti lebih banyak dihabiskan di rumah. meskipun demikian, ada hal baik yang masih bisa kita lakukan, lho! Misalnya, membantu orang tua membersihkan rumah bersama saudara. Pastinya, selama di rumah waktu yang kamu miliki untuk membantu orang tua akan lebih banyak. Kamu bisa, nih, membantu orang tua untuk membersihkan rumah sembari mengajak saudaramu bekerja sama dan berbagi tugas. Hal ini juga dapat melatih kemampuan kamu dalam bekerja bersama tim.

Kemampuan bekerja sama di dalam tim sangat penting di dalam dunia kerja, karena semua pekerjaan kamu pasti perlu dikerjakan bersama di dalam tim. Kadang kamu perlu belajar menjadi anggota tim yang baik, dan kadang kamu perlu belajar menjadi pemimpin di dalam tim. Nah, kamu bisa mulai latihan dari sekarang dengan cara sederhana sekaligus membantu orang tua kamu.

  1. Belajar Keterampilan Spesifik Melalui Pelatihan Online

Kalian pasti pernah melihat di sosial media info seputar pelatihan online, kan? Nah, kamu bisa juga nih mengikuti pelatihan online untuk meningkatkan keterampilan kamu. Saat ini banyak sekali platform-platform yang menyediakan pendidikan pelatihan untuk bekerja. Pelatihan online tersebut cocok sekali untuk dilakukan di masa pandemi seperti ini. Selain mudah untuk dilakukan, kamu juga tidak perlu bingung mengatur waktu untuk melakukannya. Kamu dapat mengakses melalui smartphone atau laptop yang kamu miliki. Kamu bisa kapanpun mengakses pelatihan tersebut menyesuaikan dengan waktumu.

Nah, kamu juga bisa nih coba untuk meningkatkan keterampilan bersama Skill Academy by Ruangguru. Disini kamu tidak hanya melatih soft skill kamu, tapi kamu juga bisa melatih hard skill kamu, lho! Yuk daftar sekarang! (ofie)

 

 

Baca Juga
Penasumatera