Menuju Woldclass University, FMIPA Unsri Publikasi Riset dan Jurnal Secara Internasional

0 34

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Universitas Sriwijaya (Unsri) terus berbenah mewujudkan mimpi menuju kampus World class University pada 2025. Guna mendukung hal terswbut setiap fakultas harus menggelar kegiatan seperti konfrensi internasional yang di gelar fakultas MIPA.

Hal tersebut diungkap langsung Rektor Unsri Prof Dr Ir H Aniss Saggaff MSCE, usai pembukaa  kegiatan sriwijaya International Conference on Basic and Applied Science di hotel Horison Ultima, Selasa, (6/11).

Anis menegaskan, selaku rektor dirinya sudah menghimbau dan meminta setiap fakultas melakukan kegiatan yang berbasis sains dan teknologi baik secara nasional maupun internasional. “Setiap fakultas minimal kita target dua kegiatan. Termasuk mengenai riset dan publikasi jurnal secara internasional,”katanya lagi.

Saat ini, sambungnya banyak dosen-dosen muda dan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dalam riset tapi tidak memiliki wadah. “Konferensi ini bisa menjadi wadah para dosen bertukar pikiran dalam mempublish karya-karya yang berguna bagi masyarakat bangsa dan negara,”lanjutnya.

“Saya kira ke depan kita akan membuat supaya setiap Prodi itu punya jurnal sebab sudah banyak jurnal yang di hasilkan oleh para dosen. Bahkan beberapa waktu lalu Unsri mendapat enam penghargaan jurnal termasuk terindeks scopus,” beber guru besar bidang teknik ini.

Sementara Dekan MIPA Unsri, Profesor Dr Ischak Iskandar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan fakultas MIPA. Mengingat saat ini telah banyak karya yang dihasilkan dosen-dosen mipa termasuk riset dan jurnal internasional.

“Ini jugasebagai wadah ide-ide dari berbagai peneliti yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Jawa, kalimantan, Gorontalo,”sambungnya.

Selain itu sambung dia, ada enam jurusan yang ada di MIPA Unsri, Prodi, matematika, prodi Fisika, prodi kimia, prodi Biologi, Farmasi dan lainnya.

Untuk publikasi, ia mengaku telah banyak dihasilkan oleh para dosen jurusan Biologi, jurusan Kimia dan matematikan. “Bahkan ada dua jurusan yakni, biologi dan kimia Publikasi sudah terakreditasi nasional,”tandasnya.(ofie)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.