Mewujudkan Desa Mandiri Pangan Melalui Gampang Dengan Memanfaatkan Pekarangan

0 121

Bengkulu Utara, Penasumatera.co.id – Untuk memperdekat jarak tempuh masyarakat dalam memperoleh bibit sayuran yang disediakan Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan keluarga melalui gerakan Keluarga Mandiri Pangan (Gampang) dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami berbagai jenis sayuran.

“Heri Purnomo Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara (BU), dalam kesempatan ini menuturkan bahwa Dinas Ketahanan Pangan BU, dalam hal ini bekerja sama dengan beberapa Kelompok Wanita Tani (Kwt) dalam hal penyediaan bibit tanaman, diantaranya untuk di Kecamatan Marga Sakti Sebelat ada di Kwt Citra Jaya Desa Suka Makmur dan Kwt Berkah Srikandi Makmur di Desa Suka Makmur.”

Kemudian lanjutnya, dikecamatan Putri Hijau di Kwt Srikandi Desa Air Petai dan Kwt Bhina Bakti Desa Karang Pulau. Dikecamatan Ulok Kupai di Kwt Mekarsari desa Tanjung dalam dan kwt sejahtera desa bukit sari. Dikecamatan Ketahun di Kwt Usaha Tani Desa Kualalangi. Dikecamatan Pinang Raya di Kwt Pelita Kusuma Desa Wonoharjo. Dikecamatan Girimulya di Kwt Kenanga Desa Wonoharjo. Dikecamatan Padang Jaya di Kwt Mulya Sari Desa Sidoluhur. Dikecamatan Kerkap Kwt Sri Rejeki Desa Salam Harjo. Ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Masih disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan BU, Heri Purnomo diharapkan dengan ini kedepannya akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah tangga, maupun di lahan-lahan tidur, melalui kelompok-kelompok masyarakat dengan Gerakan Ayo Menanam, Gerakan Hijau, Gerakan Mari Berkebun. Hal ini terangnya, untuk memberikan contoh kepada warga BU atau juga sekitarnya agar mau memanfaatkan pekarangan sehingga banyak orang yang berkunjung dan menjadi inspirasi warga lainnya untuk menerapkan hal-hal yang serupa di pekarangan rumah mereka, tutupnya. (Adv)

Baca Juga
Penasumatera