Musim Pandemi, Bisnis Tanaman Hias diburu Konsumen

0 84
PALEMBANG, Pena Sumatera co.id — Musim pandemi saat ini banyak masyarakat melakukan kegiatan dirumah. Salah satunya bertanam hias. Seperti yang dialami oleh Ellya Rossa, yang berawal dari hobinya merawat tanaman di rumah menjadikan kegemarannya itu sebagai ladang bisnis dengan membuka Titik Hijau yaitu pusat penjualan tanaman hias.
Wanita 35 tahun ini menyulap halaman rumahnya yang berada di Jalan Palem Raya Nomor DD14 Dekranasda Jakabaring, Palembang menjadi taman untuk menempatkan koleksi-koleksi tanaman hias yang dipasarkannya.
“Awalnya dari hobi saja, dan sering posting tanaman di media sosial, ternyata banyak yang bertanya dan minta dikirimkan sampai ke Jambi.
Banyak juga yang usul untuk berjualan juga, akhirnya dibuatlah Titik Hijau ini,”ungkap Lya sapaan akrabnya.
Di Titik Hijau ini ada banyak jenis tanaman hias yang bisa menjadi koleksi di rumah, kebanyakan tanaman hias yang dihadirkan didatangkan dari Kota Bogor.
Beberapa jenis tanaman hias yang menjadi daya tarik pembeli adalah jenis tanaman Monstera, Philodendron, Chalatea, Begonia, Sansevieria dan masih banyak lagi.
Jenis tanaman ini terbilang sedang dicari para kolektor tanaman hias maupun masyarakat biasa. “Karena memang tanaman ini tidak banyak ada di Palembang sehingga meski harganya cukup tinggi, peminatnya tetap banyak,”jelasnya.
Harga yang ditawarkan memang terbilang cukup tinggi, seperti tanaman hias jenis Monstera dan Philodendron lime fiddle bisa sampai Rp500 Ribu untuk tiga daunnya atau satu pot.
Ada juga jenis tanaman hias seperti Janda Bolong, Lidah Mertua, Kuping Gajah, sirih gading, vassili variegata hingga jenis keladi. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal, mulai dari Rp35 Ribu saja.
Lya juga membagikan tips merawat tanaman hias agar tetap tumbuh dengan sehat. “Rata-rata semua jenis tanaman hias perawatannya cukup mudah, dengan pemberian pupuk setiap 10 hari sekali, mendapatkan sinar matahari yang cukup bisa membuat tanaman hias tumbuh sehat. Meskipun ada beberapa tanaman hias yang memang butuh perawatan khusus, atau tidak bisa terkenda sinar matahari langsung,”terangnya.
Selain itu, tanaman hias juga mempunyai fungsi membantu mensirkulasi udara di rumah, sehingga udara menjadi tetap bersih. “Jenis Sirih Gading, atau Sansevieria sangat baik untuk membersihkan udara, tanaman ini juga bisa diletakkan di dalam rumah,”sambungnya.
Selain memasarkan produknya di rumah, Lya juga memasarkan tanaman hias miliknya di media sosial seperti di Instagram @titikhijau¬_palembang dan Facebook. (ofie)
loading...
Baca Juga

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera