Peduli Sesama, Rohis SMAN 3 Palembang Buka Posko Infaq, Bakti Sosial dan Zakat Fitrah

0 47

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Bersama para guru, anggota Rohis SMA Negeri 3 Palembang membuka posko infaq, bakti sosial, zakat fitrah dan sedakah di Ramadan kali ini. Tanpak para Para anggota Rohis SMAN 3 Palembang terlihat mencatat nama-nama siswa yang sudah mau memberikan infaq, sedekah baik berupa uang maupun barang yang masih bisa digunakan untuk bakti sosial.

Kepala SMAN 3 Palembang, Purwiastuti Kusumastiwi mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan menanamkan cinta kepada Allah subhanawatallah. “Dari adanya kegiatan pesantren Ramadan dan dibukanya posko diharapkan bisa membangkitkan nilai-nilai religi anak-anak dan kecintaan kepada Allah Subhanawatallah serta rasulnya nabi Muhammad SAW,”ujarnya,  Rabu (22/5/2019).

Sementara itu, Pembina Rohis SMAN 3 Palembang, Munirul Ihwan mengatakan bahwa posko penerimaan infaq, sedekah ini menyatu dengan kegiatan pesantren Ramadan yang diadakan sekolah setiap tahunnya di bulan Ramadan. “Pesantren Ramadan di SMAN 3 Palembang ini diadakan selama 3 hari pada saat 3 hari itu juga kami membuka bersama anggota Rohis membuka posko menerima zakat fitrah, infaq, sedekah dan baksos,” jelasnya,

Dia juga mengatakan posko ini dibuka hanya untuk internal sekolah saja. “Jadi kami terima donasi dari warga sekolah ini saja terutama dari siswa, bagi guru yang berminat kami juga tampung,” katanya.

“Nah nantinya hasil dari zakat, infaq dan lainnya ini terkumpul akan dibagikan ke warga yang ada di lingkungan sekitar sekolah yang membutuhkan, seperti tukang sapu, tukang becak, tukang ojek dan lainnya,” ujarnya.

Munirul melanjutlan dibukanya posko ini tidak ada unsur keterpaksaan. “Jika ada siswa yang tidak bisa membayar zakat di sini ya kami tidak memaksa. Tapi sebelumnya kami imbau terlebih dahulu di setiap kelas kalau ada yang minat bayar zakat atau bayar infaq, sedekah dan bakso kami terima sampai Jumat,” jelasnya.

“Dari kegiatan ini pula kami pihak sekolah berharap akan terbentuk anak-anak yang berkepribadian agamamis tapi juga soleh secara sosial perduli bahkan mau berbagai kepada orang lain,” katanya.

Pembentukan karakter juga diajarkan di kurikulum 2013, peduli, empati, simpati. “Momen Ramadan khususnya yang muslim diajarkan untuk berbagai melalui zakat, jadi tujuan dibuka posko ini juva untuk belajar berbagi, peduli lingkungan sosial terutama kepada orang-orang yang membutuhkan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Salah satu petugas Rohis yang menjaga posko infaq, zakat fitrah, sedekah dan baksos Farhan Renaldi mengatakan hari pertama dibukanya posko ini lumayan banyak yang datang. “Kami gak hanya nerima zakat fitrah dan infaq tapi menerima barang yang masih dipakai untuk kegiatan baksos dan sedekah kepada yang membutuhkan,” kata Bendahara Rohis SMAN 3 Palembang ini.(HSB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera