Pertahankan Haknya, Warga Pagar Batu Lahat Bermalam di Lahan Sawit

0 60

LAHAT, Penasumatera.co.id – Perjuang masyarakat Desa Pagar Batu Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat, atas lahan mereka yang di caplok oleh pihak perusahaan perkebunan Kelapa Sawit PT. Artha Prigel terus berlanjut. Kini ratusan warga menduduki lahan sengketa dengan bermalam selama 5 hari di lokasi.

Alasan masyarakat menduduki lahan itu karena kurang puas atas beberapa kali mediasi yang di lakukan masyarakat Desa Pagar Batu dengan Pemerintah Kabupaten Lahat serta pihak PT. Artha Prigel.

“Hasil mediasi yang dilakukan warga kami dengan pihak pemkab beberapa hari yang lalu tidak memuaskan, sehingga kami bermusyawarah untuk menduduki lahan ini,” Kata Febri Selaku Ketua Forum  Lemuda Desa  (19/7/19)

Selain itu sambung Febri, warga Desa Pagar Batu terus meminta Pemkab Lahat agar mendesak pihak PT. Arta Prigel untuk mengembalikan lahan yang telah di miliki sejak zaman nenek moyang mereka.

Lahan sengketa antara masyarakat desa dengan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan Kelapa Sawit ini sudah berlangsung lama. Persoalan ini berkali-kali di bahas di Pemkab Lahat hingga ke Provinsi, namun tak pernah tuntas.

Perusahaan PT. Artha Prigel selalu bersikukuh dengan alasan pihaknya sudah memilik HGU, Izin lokasi, serta izin Prinsif. Hal itu di utarakan oleh Julius selaku Humas PT. Artha Prigel.

“Proses izin kita di perkebunan jelas, ada izin prinsif, ada izin lokasi baru setelah itu HGU di terbitkan,” Jelas Julius.

Lebih jauh ia menerangkan bahwa, proses penerbitan HGU itu di ketahui Tim 9 yang terdiri dari Tim Hukum, Pemerintah Daerah, Badan Pertanahan Nasional, dan Forum desa yang di wakili Desa Tanjung Payang, Kerung, Pagar Batu, Nantal, dan Perigi serta desa lainnya pada tahun 2006 lalu,” Terangnya.

Ketika di tanya kenapa HGU baru terbit pada tahun 2006 sedangkan pada tahun 1993 pihak PT. Artha Prigel telah menggarab lahan, Julius beralibi bahwa pada tahun 2005 ke bawah itu masih izin lokasi sedangkan HGU masih dalam proses,” Ujar Julius. (D0d)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera