Pjs. Bupati OKU Tinjau Jembatan Air Aman Desa Lubuk Batang Lama

0 118

OKU, Penasumatera.co.id – Pjs Bupati OKU Muhammad Zaki Aslam, SIP, MSi beserta Jajarannya meninjau putusnya Jembatan Air Aman Desa Lubuk Batang Lama sekaligus meninjau pembuatan Jembatan alternatif Jalan Lingkar Desa Lubuk Batang Lama, Rabu (28/10/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Pjs. Bupati OKU menyampaikan, saat ini Jembatan Air Aman ditutup untuk semua jenis kendaraan di karenakan sudah tidak bisa lagi di lalui. Kondisi Pangkal jembatan dari arah Baturaja menuju Peninjauan sudah turun/Amblas sekira 2,5 M – 3 M, ujarnya.

Kemudian ujung Jembatan dari arah Baturaja menuju Peninjauan sudah naik dari jalan (kondisi jembatan miring) sekira 0,5 M – 1 M. Saat ini kendaraan R4 maupun R2 yang hendak melintas dari arah Kecamatan Lubuk Batang menuju Kecamatan Peninjauan dan begitu juga sebaliknya.

Jalan tersebut dialihkan melalui Jalan Simpang Tiga SD Negeri 133 OKU (sebelum jembatan amblas) Desa Lubuk Batang Lama menuju ke Talang Teleme, selanjutnya tembus ke jalan Dusun III Desa Kurup Kec.Lubuk Batang. (Jalan lintas Baturaja-Prabumulih).

Untuk jalan alternatif dari Samping Kantor Camat Lubuk Batang hanya bisa dilalui kendaraan Roda dua, dikarenakan kondisi jalan yang masih tanah dan berlumpur, sehingga kendaraan Roda empat sama sekali tidak bisa melalui jalan tersebut.

Hasil pengamatan dan informasi yang didapat dari lapangan bahwa saat ini dari Dinas PU Provinsi telah melakukan pengecekan dan menempatkan Alat Berat serta Besi Tiang dan Besi Pipa untuk melakukan pembuatan Jembatan Baru.

Dikarenakan jembatan yang amblas tersebut sudah tidak dapat lagi diperbaiki, sehingga kemungkinan Jembatan Air Aman yang amblas tersebut akan di bongkar. Masih menurut informasi yang di dapat bahwa untuk pengerjaan Jembatan Air Aman akan dimulai besok oleh Dinas PU Provinsi Sumsel.

Dilanjutkan Pjs Bupati OKU M. Zaki Aslam, bahwa untuk pembangunan dan perbaikan Jembatan Air Aman Desa Lubuk Batang Lama Kecamatan Lubuk Batang tersebut merupakan Program Proyek PU Provinsi Sumsel, sehingga untuk pengerjaannya diambil alih oleh Dinas PU Provinsi.

Ditempat yang sama Kepala Desa Lubuk Batang Lama Jus Imani menjelaskan, saat ini pihak Desa bersama warga sepakat untuk melakukan pembuatan jembatan alternatif melalui jalan lingkar dalam Desa Lubuk Batang Lama Kecamatan Lubuk Batang.

Pembuatan Jembatan di Jalan Lingkar Desa Lubuk Batang Lama tersebut dibantu oleh PT. Jargas (Pendoseran jalan dan pengelasan jembatan) dan PT. KAI membantu Besi Rel yang tidak terpakai untuk pembuatan tiang dan tulang jembatan alternatif, katanya.

Pengerjaan pembuatan jembatan alternatif jalan lingkar Desa Lubuk Batang Lama tersebut perkirakan selesai dalam 3 sampai dengan 4 hari kedepan. Kegiatan peninjauan Jembatan Air Aman yang Amblas/Ambruk di Desa Lubuk Batang Lama berakhir sekira pukul 11.15 WIB dengan situasi aman dan kondusif

Terlihat dalam kunjungan tersebut Plt. Asisten II Kadarisman SAg, Kepala Dinas Perhubungan Firmansyah, Kaban BNPB Amzar Kristopa, Kepala Dinas Sosial Saiful Kamal, SKM, Mkes, Kabid PUPR Haris Munandar, Kasi Perencanaan PU Krisna Wahyudi, Camat Lubuk Batang Helni Purwaningsih, SE, Kapolsek Lubuk Batang Iptu Hariyanto, Kades Lubuk Batang Lama Jus Imani beserta perangkatnya. (sp).

Baca Juga
Penasumatera