Potensi Kelautan Dan Perikanan Bengkulu, Peluang Investasi Yang Menjanjikan

0 518

Provinsi Bengkulu, Penasumatera.co.id Provinsi Bengkulu, dengan garis pantai sepanjang 525 Km jelas menyimpan sumber daya laut yang tersedia sangat melimpah, khususnya dibidang kelautan. Kemudian, perikanan baik perikanan tangkap, budidaya maupun juga pengolaan perikanan, sehingga jika dinilai dapat menjadi peluang investasi sangat menjanjikan

Gubernur melalui Karmawanto, M.Pd Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Bengkulu menuturkan, ” dimana posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia, membuka peluang dalam membangun kerjasama regional dan internasional bagi kemakmuran rakyat. Maka dari itu kita perlu membuka regulasi bersama kabupaten/kota di wilayah pesisir agar ada keseragaman regulasi kemudahan sistem perizinan untuk kemudahan investor masuk.”

“Lanjut Karmawanto mengatakan Investasi akan menyerap tenaga kerja dan sumber daya pesisir akan termanfaatkan dengan baik, semua itu akan menjadi faktor pengerak ekonomi yang paling produktif suatu daerah. Potensi kemaritiman Bengkulu masih belum dikelola secara maksimal, sehingga belum bisa memberikan kemakmuran bagi masyarakat.” Ujarnya, pada Rabu (2/11/2022).

Padahal, mengutip apa yang disampaikan Gubernur, nilai tukar pada perikanan tangkap itu jauh lebih besar dibandingkan perikanan budi daya. Maka dari itu kedepan kita berharap potensi di Bengkulu ini dapat lebih dikembangkan lebih besar secara bersama-sama, jelas Kadis DPMPTSP Provinsi Bengkulu. Ujarnya.

Untuk kondisi perikanan atau potensi perikanan tangkap adapun meliputi dua kategori yaitu sumberdaya perikanan laut di wilayah teritorial (0-12 mil laut) sebesar 46.145 ton/tahun dan di wilayah laut ZEEI (12-200 mil laut) sebesar 80.072 ton, potensi jenis ikan laut yang ada terdiri dari ikan pelagis besar dan kecil, ikan demersal dan biota laut lainnya.

Penangkapan ikan di perairan umum, selain potensi penangkapan ikan dilaut. Kota Bengkulu juga mempunyai potensi penagkapan ikan di perairan umum, perairan umum yang ada di Kota Bengkulu ada 4 sungai, yaitu sungai Jenggalu, sungai Lempuing, sungai Bengkulu, sungai Rupat serta ada 1 danau, yaitu danau Dendam Tak Sudah Kota Bengkulu.

Produksi, penagkapan ikan dilaut. Produksi perikanan tangkap Kota Bengkulu apabila dibandingkan dengan potensi yang dimiliki, masih belum optimal. Pemanfaatan sumberdaya ikan sampai dengan saat ini baru dilakukan pada laut territorial. Tahun 2016 produksi perikanan tangkap di Kota Bengkulu mencapai 23.810 ton atau baru mencapai tingkat pemanfaatan sebesar 51.59 persen dari potensi laut territorial. Hal ini menunjukan masih belum optimalnya usaha penangkapan ikan yang dilaksanakan dan masih sangat memungkinkan untuk dikembangkan. (Adv)

Baca Juga
Penasumatera