Ruangguru Hadirkan Roboguru: Fitur Baru Untuk Fasilitasi Siswa Diskusi Belajar 

0 47

Jakarta,Pena Sumatera co.id – Ruangguru menghadirkan inovasi terbaru pada fitur roboguru yang memudahkan para siswa untuk mempelajari solusi soal-soal sulit. Para siswa tidak hanya dapat menanyakan solusi soal mata pelajaran, tetapi juga dapat menonton video konsep yang terkait dengan soal sulit tersebut, sekaligus berdiskusi untuk membantu siswa lainnya yang kesulitan memahami jawaban soal. Fitur ini mendorong para siswa untuk tidak sekedar mengetahui jawaban dari soal, tetapi untuk  memahami konsep ajaran dari topik soal tersebut.

Memasuki tahun 2021, sebagian besar sekolah di Indonesia masih memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi. Situasi ini membuat komunikasi antara siswa dan guru semakin terbatas untuk membahas konten belajar maupun tugas sekolah. 77,8% siswa pun merasa kesulitan karena tugas sekolah yang dirasa menumpuk selama PJJ.[1] Hasil survei internal Ruangguru pada Juli hingga Agustus 2020 kepada lebih dari 800 siswa di 32 provinsi menyimpulkan bahwa beberapa tantangan terbesar para siswa selama mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah kesulitan memahami pelajaran tanpa penjelasan dari guru, mendapat lebih banyak tugas tanpa ada pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk belajar dan mengerjakan tugas, dan hambatan berkomunikasi dengan guru tanpa tatap muka.

“Selama sekolah daring, intensitas komunikasi dan konsultasi tatap muka dengan para guru menjadi langka. Saat mengerjakan PR (pekerjaan rumah), konsep pelajaran terkadang lebih sulit dipahami tanpa ada penjelasan tatap muka dari guru. Kami harap, inovasi terbaru Ruangguru melalui roboguru dapat menjadi salah satu solusi praktis dan efektif dalam membantu siswa untuk menyelesaikan PR di rumah, di mana siswa tetap menerima materi penjelasan konsep pelajaran dan dapat saling berdiskusi, bukan hanya sekedar menyalin jawaban saja,” ungkap Head of K12 Product Ruangguru, Stephanie Hardjo.

Untuk memanfaatkan fitur roboguru, siswa dapat mengirim pesan melalui WhatsApp dengan ketik “ROBOGURU” dan kirim ke nomor 0815-7815-0000. Selain itu, siswa juga dapat menggunakan fitur roboguru dengan mengunduh aplikasi Ruangguru, kemudian klik bagian roboguru.

Keunggulan terbaru fitur roboguru adalah:

  • Kombinasi teknologi Photo Search dan User Generated Content (UGC) yang memudahkan para siswa menanyakan solusi untuk soal-soal yang sulit dan berdiskusi dengan siswa lain di seluruh Indonesia.

  • Menyajikan video-video pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep dengan rekomendasi solusi yang akurat.

  • Tersedia untuk semua jenjang SD (Sekolah Dasar) hingga SMA (Sekolah menengah Atas) dan sederajat dan semua mata pelajaran utama.

  • Tersedia gratis pada WhatsApp dan aplikasi Ruangguru tanpa perlu berlangganan.

Ruangguru pertama kali meluncurkan fitur roboguru bagi para pengguna aplikasi Ruangguru pada tahun 2019. Fitur ini layaknya robot yang membantu para siswa dalam menjawab soal dari berbagai mata pelajaran dengan memberikan pembahasan dan rekomendasi video konsep belajar. Melalui fitur Photo Search roboguru, para siswa hanya perlu mengirim foto soal-soal yang dirasa sulit untuk dikerjakan ke menu roboguru di dalam aplikasi Ruangguru. Kini. roboguru juga tersedia via WhatsApp. Nantinya, roboguru akan secara otomatis memunculkan jawaban beserta penjelasan konsepnya dalam waktu beberapa detik.

Ruangguru berharap fitur ini bisa menjadi solusi yang tepat di saat para siswa berlatih tanya jawab soal, termasuk untuk persiapan ujian. Fitur roboguru juga mendukung kegiatan belajar para siswa selama PJJ di tengah berbagai keterbatasan komunikasi. (ofie)

Baca Juga
Penasumatera