Rumah Tahfidz, Tingkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa MTs Negeri 1

0 42

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Berdasarkan program yang telah dicanangkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sumsel, HM. Alfajri Zabidi keberadaan rumah Tahfidz.  Kini Kegiatan rumah tahfidz Al Qur’an MTsN 1 Palembang yang merupakan program unggulan madrasah ini semakin intensif mendidik para siswa/siswi  untuk menghafal Al Qur’an.

Pembina tahfidz MTsN 1 Palembang, terus berupaya meningkatkan hafalan siswanya. Setiap siswa di data untuk mengetahui jumlah surat yang telah dihafal, kemudian dipantau dan dilatih untuk terus meningkatkan hafalannya.

“Sangat diperlukan kerja keras untuk memotivasi para siswa agar mau menyetor hafalan mereka, kesabaran yang tinggi para pembina juga menjadi kunci sukses agar para siswa dapat terus berupaya menjaga dan meningkatkan hafalan mereka,” Jelas Pembina Tahfiz MTs Negeri 1 Palembang Hamid

Dalam pelaksanaannya, jadwal kegiatan rumah tahfidz MTsN 1 Palembang adalah pada hari Sabtu pada pukul 08.00 – 08.40 Wib, dimana setiap siswa menyetor hafalan surat kepada masing-masing guru pembina tahfidz. Siswa akan dipantau perkembangan hafalan maupun pelafalannya. Bentuk kegiatan tahfidz adalah Murojaah,menghafal dan setoran. Setiap siswa akan digilir menyetorkan hafalannya.

Hamid mengatakan bahwa siswa MTsN 1 Palembang sangat antusias saat mengikuti kegiatan tahfidz. “Alhamdulillah, siswa kita ada yang telah hafal 11 juz, kalau yang lain rata-rata 1 sampai 3 juz,”ujarnya.

Rumah Tahfidz MTsN 1 Palembang terus berupaya meningkatkan hafalan siswanya. Sebagai lembaga pendidikan Islam, program tahfidz saat ini telah menjadi program unggulan. Siswa lulusan MTsN 1 Palembang ditargetkan memiliki hafalan Al Qur’an minimal 2 juz.

“Semoga MTsN 1 Palembang dapat melahirkan generasi Qur’ani dan memiliki akhlakul karimah, karena dengan mempelajari dan memahami Al Qur’an kita dapat menjalani hidup secara teratur dan terarah sesuai dengan ajaran agama Islam,”tambahnya (hasan basri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.